TNI & POLRI

Kadislitbangad Kunjungi Poltekad Kodiklatad di Malang Jatim

MALANG, INFOMALANGNEWS.com
– Kepala Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, didampingi Kaliti Kolonel Cpl Apandi dan Perwira Ahli Material Utama Kolonel Inf Slamet Riyanto, mengunjungi Politeknik Angkatan Darat Kodiklatad di Batu Malang Jawa Timur, Senin (12/4/2021).

Rombongan Kadislitbangad disambut langsung oleh Wadan Poltekad Kodiklatad Kolonel Arh Zaky Basuki Rahmat, beserta jajaran di Kesatrian Poltekad, Desa Pendem, Junrejo, Batu Malang.

Dalam kunjungannya, Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, meninjau hasil-hasil karya nyata mahasiswa Poltekad Kodiklatad, dan merasa kagum serta bangga karena ternyata Poltekad Kodiklatad merupakan gudangnya calon para penelti serta pemikir TNI AD di bidang teknik yang akan berkecimpung di dunia penelitian dan pengembangan khususnya alat dan peralatan yang dibutuhkan bagi personel/prajurit TNI AD.

“Tidak heran Poltekad telah menoreh segudang prestasi, Poltekad telah memberikan sumbangsih karya nyata untuk penelitian dan pengembangan diantaranya mahasiswa Poltekad mempu membuat Granat Mortir Latih menggunakan kompresi udara yang dibutuhkan di satuan-satuan jajaran TNI AD, juga alat deteksi datangnya arah tembakan, alat kendali kedudukan personel, alat deteksi barang-barang yang disembunyikan, alat pengukur suhu tubuh berbasis Android, drone multifungsi untuk OMP maupun OMSP dan traktor sistem remote control,” unar Brigjen TNI Terry.

Selain itu Poltekad juga membuat alat deteksi datangnya musuh berbasis Android, alat kamera pengintai, alat deteksi keberadaan senjata, alat penyedia daya listrik dengan menggunaan tenaga air dan alat penyedia daya listrik dengan memanfaatkan langkah kaki dan masih banyak prestasi yang diukir para mahasiwa Poltekad juga organik Poltekad.

“Walaupun para mahasiswa dan organik Poltekad tidak semuanya memiliki background pendidikan di bidang teknik, namun institusi ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan, yaitu melalui pengembangan beberapa produk unggulan yang bermanfaat untuk TNI AD pada umumnya serta para prajurit TNI AD pada khususnya,” terangnya.

Dalam sambutannya, Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama berterima kasih kepada Danpoltekad yang diwakili Wadanpoltekad dan jajarannya yang telah menyambut hangat kedatangan rombongan dari Dislitbangad.

Rasa hormat dan bangga serta ucapan selamat ditujukan kepada Komandan Politeknik TNI Angkatan Darat (Danpoltekad) Brigjen TNI Dr. R. Nugraha Gumilar, karena pada tanggal 16 Desember 2020 lalu, telah menerima penghargaan Top 50 Leader pada kategori Top Leading School in Education Quality Excellent of The Year oleh Indonesia Achievement Center (IAC).

“Kami tahu bahwa penghargaan Top 50 Leader merupakan ajang tahunan yang diberikan kepada pimpinan instansi pemerintah, lembaga non pemerintah serta dunia usaha maupun perorangan atas capaian dalam berinovasi serta berkomitmen secara terus-menerus pada bidang yang digeluti sebagai inspirasi bagi kemajuan bangsa dan kepentingan masyarakat luas, ini prestasi yang sangat luar biasa bukan hanya para mahasiswa Poltekadnya berprestasi dan mengukir prestasi tapi Danpoltekad pun mengukir prestasi, mudah-mudahan kami bisa mengikuti jejak Danpoltekad sehingga membanggakan institusi TNI AD,” ujar Kadislitbangad.

Selanjutnya Kadislitbangad mengajak Danpoltekad melalui Wadanpoltekad untuk bersinergi bagi para peneliti Dislitbangad dengan Mahasiswa Poltekad dalam merancang bangun dan merekayasa materiel untuk penelitian dan pengembangan materiel Angkatan Darat yang dapat memberikan manfaat kepada para prajurit khususnya dan TNI AD pada umumnya.

“Saya yakin dengan bersinergi akan mendapatkan nilai tambah dan saling mengisi baik untuk Poltekad maupun Dislitbangad,” ucapnya.

Kadislitbangad menambahkan, bahwa upaya realisasi sinergitas antara Dislitbangad dengan Poltekad Kodiklatad, yakni memadukan kemampuan Sumber Daya Manusia berkualitas yang dimiliki Poltekad Kodiklatad dengan Dislitbangad yang memiliki alat dan peralatan Laboratorium Dislitbangad yang cukup memadai untuk dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan mengembangkan ilmu serta hasil temuan yang dirancang baik oleh Poltekad Kodiklatad maupun Dislitbangad.

“Dipastikan out putnya akan menguatkan hasil Litbang yang berkualitas dan dapat memberikan manfaat bagi Prajurit khususnya dan TNI AD pada umumnya,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan