KECAMATAN

Pohon Mahoni di Hutan Dusun Sukoreja Pondok Agung Dicuri OTK

Kasembon, INFOMALANGNEWS.com – Pencurian kayu di kawasan lodenan hutan Dusun Sukorejo, Desa Pondok Agung, Kasembon, Malang mulai kambuh lagi.

Pencurian ini teejadi di lahan garap milik Sukirno warga Dusun Pondok, Desa Pondok Agung. Adapun aksi pencurian itu di perkirakan pada Selasa (30/5/2023) tadi malam.

Sukirno selaku penggarap lodenan mengatakan, dirinya tidak tau aksi pencurin kayu mahuni yang ditanam selama 7 tahun dilahan garapannya seluas 1/2 hektar teraebut.

“Saya baru tau hari kalau pohon mahoni dilahan garapan saya dicuri orang, kemarin masih ada, tiba-tiba hari sudah tingal sisa batang pohon bagian atas,” ujar Sukir dilokasi, Rabu (31/5/2024).

Pencuran itu, sebut Sukir, diperkirakan pada malam hari, mereka (para pelaku) melihat sepinya aktifitas para penggarap lodenan sekitar lokasi.

“Kalau saya lihat aksi pencurinya menebang kayu mahoni tadi malam Selasa 30 Mei 2023, karena daun yang masih nempel di sisa batang ranting masih segar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sukir berharap, petugas mantri hutan yang berwenang pengawasan hutan di Dusun Sukorejo supaya meningkatkan pengawasan guna pencegahan kembali terjadinya pencurian kayu oleh orang yang tidak bertanghing jawab.

“Harapan saya, pak mantri hutan yang mempunyai wewenang harus rutin melakukan pengawasan, tujuannya untuk mencegah aksi kambuhan para pencuri kayu,” harapnya.

(Johnit Sumbito)