KABUPATEN

Rayakan Idul Adha 1444 H Tahun 2023 M, Polres Malang Qurban 20 Ekor Sapi dan 64 Ekor Kambing

MALANG, INFOMALANGNEWS.com – Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana bersama ribuan masyarakat umum dan personel polres, sholat Idul Adha 1444 H tahun 2023 M di halaman Mapolres, Kamis (29/6/2023).

Usai sholat Idul Adha, sekaligus  menyambut Hari Bhayangkara ke-77, melalui panitia qurban Polres Malang, juga melaksanakan pemotongan hewan qurban sapi dan kambing bertempat di halaman parkir belakang Mapolres Malang.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, secara simbolis menyerahkan hewan kurban yang akan dipotong kemudian dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat wilayah hukum Polres Malang.

“Hari ini, usai melaksanakan Salat Id, kita lanjutkan dengan ibadah qurban. Melalui kurban ini, kita meneladani Nabi Ibrahim AS, untuk mengorbankan sesuatu yang berharga demi ketaatan kepada Allah SWT,” ujar Kapolres AKBP Putu Kholik Aryano melalui Kasihumas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik, Kamis (29/6/2023).

Taufik juga menjelaskan, bahwa sebanyak 20 ekor sapi dan 64 ekor kambing yang akan disembelih tersebut, menjadi hewan qurban Hari Raya Idul Adha 1444 H tqbun 2023. Selain pemotongan di mapolres, sebagian hewan qurban juga diserahkan kepada pihak Pondok Pesanten (Ponpes), Madrasah, TPQ, masjid dan musala yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Malang.

“Setelah dilakukan pemotongan kemudian dagingnya dibersihkan lalu dikemas dan selanjutnya dagingnya hewan kurban disistribusikan,” jelasnya.

Taufik menyebutkan, bahwa daging kurban tersebut dibagikan kepada fakir miskin, yatim piatu, kaum duafa dan masyarakat yang berdomisili di seputaran Mapolres Malang.

“Daging qurban kami bagikan kepada fakir miskin, yatim piatu, kaum duafa dan warga sekitaran Polres,” ucap Taufik.

Menurut Taufik, qurban hewan pada Idul Adha tersebut sebagai kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Tujuannya untuk membuang sifat negatif yang ada pada diri manusia.

“Kurban merupakan wujud nyata dari rasa cinta dan taqwa kita kepada Allah SWT, yang mengharuskan kita untuk menyisihkan sebagian rizky yang telah dianugerahkan kepada kita. Agar dapat menumbuhkan rasa solidaritas dengan berbagi kepada sesama umatnya yang membutuhkan,” tuturnya.

Untuk itu, Polri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan momentum pada  hari raya Idul Adha ini, untuk memperkuat rasa persaudaraan antara sesama umat muslim.

“Mari kita jadikan momentum hari raya Idul Adha ini, untuk saling mengasihi dan peduli sesama. Semoga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi sesama manusia,” ucap Tauffik.(*)

(Johnit Sumbito)