INFO JAKARTA

Persiapan Mudik Lebaran Idul Fitri 2024, Kadishub Provinsi DKI Jakarta Tinjau Terminal Kalideres

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Menjelang mudik lebaran Idul Fitri 2024 Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Syafrin Liputo meninjau Terminal Kalideres Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

Peninjauan itu dilakukan, sebagai langkah untuk persiapan sejumlah sarana dan prasarana di untuk para calon pemudik yang menggunakan jasa angkutan darat melalui terminal bus angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) lintas Sumatera dan Jawa.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak dan melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran Idul Fitri 2024.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan kordinasi dan tengah mempersiapkan sebanyak 2.268 unit armada  yang dikelola oleh 150 PO yang ada di Jakarta.

“Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik pada lebaran tahun ini Dinas Perhubungan juga sudah menyiapkan sebanyak 150 unit Bus cadangan yang akan membantu warga Jakarta untuk melakukan perjalanan mudik. Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan ada sekitar 28,4 juta warga Jakarta yang akan melakukan perjalanan mudik pada lebaran tahun 2024 ini,” ujar Syafrin saat melakukan peninjauan persiapan mudik di terminal Kalideres Jakarta Barat, Kamis (21/3/2024).

Selain itu Syafrin juga mengatakan, bahwa puncak arus mudik di perkirakan akan terjadi sekitar tanggal 3 April 2024.

“Berdasarkan pengalaman diperkirakan ada sekitar 1 juta orang yang akan meninggalkan jakarta melalui jalur darat,” jelasnya.

Dalam peninjauan tersebut, Kadishub Syafrin Liputo, didampingi Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Muslim dan Kabid Dalops Dishub DKI Jakarta Harlen.

(Johnit Sumbito)