MALANG

Kodim 0833/Kota Malang Serahkan Konci Rumah Warakawuri dan Veteran Program Renovasi RTLH

MALANG – TNI Angkatan Darat (AD) melalui Kodim 0833/Kota malang bersama PT Pertamina bersinergi memberikan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) bagi para warakawuri dan veteran Sebanyak 2 unit rumah milik Suci dan Kasijan Slamet di wilayah Kecamatan Sukun dan Lowokwaru, Malang.

Program kemanusiaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para pahlawan bangsa yang telah mengabdi untuk negara.

“Melalui renovasi rumah ini diharapkan para veteran dan keluarga dapat tinggal di hunian yang layak dan nyaman, ujar Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Aris Gunawan, Senin (02/09/24).

Dandim menjelaskan, Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bahwa BUMN dan TNI dapat bekerja sama untuk memberikan manfaat bagi masyarakat serta membawa dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan para warakawuri dan veteran.

“Renovasi Rumah yang layak huni ini, tidak hanya memberikan kenyamanan fisik, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan harga diri mereka,” terangnya.

Adpaun rumah yang berhasil direnovasi milik Suci dan Kasijan Slamet yang berada di wilayah Kecamatan Sukun dan Lowokwaru yang merupakan wilayah binaan Kodim 0833/ Kota Malang.

“Program ini tidak lebih dari 30 hari ini, renovasi meliputi perbaikan atap, dinding, lantai, hingga fasilitas sanitasi tentu saya dengan di bantu oleh warga dalam pengerjaan fisiknya,” jelas Aris.

Dalam program renovasi tersebut, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Aris Gunawan juga terjun langsung dalam memantau perkembangan pekerjaan fisik. Karena ini menjadi salah satu tanggung jawabnya, baik memberikan bantuan moril maupun materiil kepada anggota yang berkerja di lapangan dalam memuwujudkan program bantuan sosial,” tegasnya.

“Alhamdulilah, saya terus memantau perkembangan program renovasi tidak layak huni baik mulai kondisi awal sasaran rumah saat pengerjaan hingga finishing hal ini juga sebagai salah satu bentuk dukungan moril baik anggota maupun tuan rumah yang menjadi salah satu sasaran renovasi tidak layak huni,” ucapnya.

Program renovasi rumah tidak layak huni tersebut, juga mendapat sambutan hangat serta haru bagi pemilik rumah bahwa masih ada kepedulian bagi para veteran dan warakawuri untuk mendapat penghidupan yang layak, meski sekarang sudah tidak berdinas aktif salah satunya Suci seorang warakawuri yang menempati rumah sederhana peninggalan dari suaminya yang telah meninggal dunia.

“Saya cukup haru dan berterima kasih keluarga besar TNI-AD dan Pihak Pertamina yang telah membantu merenovasi rumah peninggalan suami saat berdinas aktif semoga apa yang di lakukan oleh bapak TNI khususnya dari Kodim 0833, Babinsa dan warga yang sudah banyak membantu keluarga kami selalu diberikan keberkahan dan pahala terima kasih sekali lagi,” ucap Suci.

Sumber: Pendim 0833 Kota Malang
Editor. : Johnit Sumbito