BUDAYA

Zaahira Syaikho Hermawan, Raih Bintang Tari Jaipong Transmart Kota Cimahi Jabar

SUKABUMI, infomalangnews.com – Tari Jaipong merupakan tari khas Suku Sunda Jawa Barat, tari tersebut, saat ini juga sudah banyak digandrungi anak-anak.

Untuk melestarikan kebudayaan tersebut, tak sedikit kelompok kesenian mengadakan perlombaan untuk mencari bakat-bakat muda yang potensial dalam kesenian tari Jaipong.

Kali ini Transmart mengadakan perlombaan tari Jaipong di tingkat SD 1-3 se- Wilayah Kota Cimahi, yang digelar di Transmart Cimahi Jawa Barat yang berlangsung pada (27/2/2022) lalu.

Dalam perlombaan tersebut, Zaahira Syaikho Hermawan yang berhasil meraih bintang Jaipong se-wilayah Jawa Barat. Sementara dia, saat ini masih duduk dibangku Kelas 3-A SDN Cibeureum Hilir 5 Kodya Sukabumi.

Zaahira Syaikho Hermawan, kelahiran Sukabumi, 09 Oktober 2012. Dia adalah anak ke tiga dari tiga bersaudara, anak Sertu Dadan Hermawan anggota TNI AD Kodim 0607/Kota Sukabumi. Diketahui, Zaahira menggeluti seni tari Jaipong sejak usia dini di Sanggar Fitria Sukabumi.

“Benar, putri kami mengeluti tari Jaipong dsri sejak kecil melalui Sanggar Fitria Sukabumi,” ujar Dadan saat dikonfirmasi di Kantor Kodim 0607/Kota Sukabumi Jalan RA Kosasih No.12 Ngaweng, Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (27/6/2022).

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, bahwa putrinya sudah puluhan penghargaan yang diperoleh dari perlombaan, meraih juara 1,  Piala Walikota Sukabumi/ DISDIKBUDKOTSMI pada Lomba Kreativitas Seni tingkat SD Kategory Tari Jaipongan se- Kotamadya Sukabumi Tahun 2020, Juara 1 dan Juara Umum, pada Lomba Pasanggiri Jaipongan tingkat SD 1-3 se – Wilayah DKI Jakarta dan BODETABEK pada 2021, Juara 1, pada Lomba Pemilihan Bintang Himalaya tingkat SD 1-3, Wilayah Kota Bogor Tahun 2021.

Selain itu, Zaahira juga pernah meraih Juara 1 pada Lomba Pemilihan Bintang Jaipong Famous tingkat 1-3 SD se- Wilayah Kota Cimahi 2021. Untuk Lomba Pemilihan Bintang Jaipong Viris tingkat SD 1-3 se- Wilayah Kota Bandung Raya 2021 meraih juara ke 2 dan belum lama dalam lomba pemilihan Bintang Jaipong Transmart tingkat SD 1-3 se – Wilayah Kota Cimahi 2022, meraih Juara Pertama.

“Alhamdulillah meraih Juara Pertama piala dan piagam berikut uang pembinaan pun diserahkan langsung oleh juri ternama Bapak Tasmin. Selian itu Zaahira selalu meraih juara dalam event tari jaipong di tingkat sekolah di Kota Sukabumi,” kata Dadan.

Keberhasilan Zaahira ketika diatas panggung, berbagai pujian dan apresiasi pun bermunculan termasuk Komandan Kodim hingga Danrem 061/SK dan Ketua Persit KCK Koorcabrem 061/SK, memberikan tali asih kepada Zaahira Syaikho Hermawan.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan