BERITA UTAMA

Presiden Jokowi: RKHUP Agar Dibahas Bersama Masyarakat

JAKARTA, infomalangnews.com – Menteri Koordinator Bidang Poltik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukum) Mahfud MD, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar secara masif berdiskusi soal Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dengan masyarakat.

“Kami diminta oleh Presiden Jokowi agar mendiskusikan lagi secara masif dengan masyarakat untuk memberi pengertian dan justru minta pendapat dan usul-usul dari masyarakat,” kata Mahfud MD di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Hal tersebut dikatakan Mahuf MD usai Jokowi meminta anak buahnya (menteri/lembaga) untuk membahas kembali RKUHP.

Menurut Jokowi, dirinya ingin masyarakat betul-betul paham mengenai RKUHP ini. Ia menekankan ada 14 masalah yang menjadi sorotan dalam RKUHP.

Untuk itu, Mahfud menyampaikan pemerintah akan menempuh dua jalan guna mewujudkan keinginan Jokowi. Jalan pertama adalah terus membahas sejumlah permasalahan RKUHP di parlemen.

Pada saat yang sama, pemerintah akan membuka diskusi bersama masyarakat. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ditugaskan untuk menyelenggarakan acara diskusi, sedangkan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan mengurus materi diskusi.

“Seluruh yang akan kita lakukan itu adalah dalam rangka menjaga ideologi negara dan integritas negara kita, integritas ketatapemerintahan kita, integritas ketatanegaraan kita di bawah sebuah ideologi negara dan konstitusi yang kokoh,” ucap Mahfud MD.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan