INFO JAKARTA

Pasar Lokbin Rawa Buaya Semrawut, Para Pedagang Beratap Terpal

JAKARTA, infomalqngnews.com – Pasar Lokasi Binaan (Lokbin) di Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat kondisinnya memprihatinkan, selain kumuh, becek, semrawut dan berantakan.

Kesemrawutan itu, lantaran kurang mendapat perhatian Pemerintah Kota  (Pemkot) Jakarta Barat menyangkut sistem tata kelola dan sarana prasarana yang layak untuk para pedagang.

Pengunjung pun merasa tidak nyaman untuk memasuki pasar Lokbin binaan Pemkot Jakarta Barat tersebut. Karena, pasar sebagin hanya beratap terpal seadanya.

Sejumlah pedagang pun mengeluhkan fasilitas seadanya atap terpal. Mereka berharap perhatian dari pihak pemerintah  Kota Adminitrasi Jakarta Barat untuk menata dan membangun pasar Lokbin yang lebih layak untuk para pedagang binaan.

“Yah beginilah pak kondisi pasar Lokbin dibawah Sudin PPKUKM Jakarta Barat. Kita sebagai pedagang hanya bisa berharap saja. Kami berharap Pemkot Jakarta Barat supaya segara membangun pasar Lokbin agar para pedagang nyaman  berdagang,” ujar salah satu pedagang, Sakinah bukan nama sebenarnya, Rabu (1/3/2023).

Sementara itu Kepala Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PPKUKM), Iqbal Ilham mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan planning di tahun 2023 untuk diajukan perapian tahun 2024 mendatang.

“Sekarang sedang kita persiapkan prencanaan untuk diajukan di tahun 2024 mendatang. Mudah-mudahan kalau tidak ada kendala anggaran, Pemprov DKI mendukung insyaallah tahun depan di laksanakan pembangunan pasar Lokbin Rawa Buaya itu,” jelas Iqbal kepada media.

Saat ini, kata iqbal, Sudin PPKUKM Sedang fokus mendorong pembagunan lokbin di Jalan Bangun Nusa Cengkareng Timur tepatnya di sebelah PD Pasar Jaya Cengkareng.

“Kita sedang fokus pada revitalisasi Lokbin di Jalan Bangun Nusa, karena Lokbin itu saat ini menjadi skala prioritas, nengingat kondisi pasar lokbin itu sudah sangat mengkhawatirkan. Takut ambruk nanti bisa membahayakan,” katanya.

“Jadi intinya untuk lokbin rawa buaya itu sedang kita buatkan perencanaan dan insyaallah tahun depan bisa di revitalisasi,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pasar Lokbin Rawa Buaya Sutrisno mengungkapkan, terkait pasar Lokbin binaanbya diakui masih dalam kondisi apa adanya. Namun, terkait ini pihaknya sudah mengusulkan ke Pemkot Jakarta Barat agar segera ada perbaikan.

“Masalah pasar Lokbin Rawa Buaya, saya sudah mengusulkan ke Pemkot Jakarta supaya segera membangun, agar para pedagang nyaman berdagang,” ucapnya.

(Johnit Sumbito)