PENDIDIKAN

Sulthon Aulia Preschool Sidoarjo Mengenalkan Konflik Israel dan Palestina Anak Usia Dini

SIDOARJO, INFOMALANGNEWS.com – Tak sedikit orang tua menganggap konflik antara Israel dan Palestina terlalu kompleks, hal ini, sehingga sulit dipahami anak-anak usia dini. Padahal hingar-bingar pemberitaan di media bukan tidak mungkin akan tertangkap oleh pandangan anak, kemudian melayangkan pertanyaan pada orang tuanya tentang apa yang terjadi di Palestina.

<span;>Jika hal demikian terjadi, tak perlu dihindari. Orang tua dapat membuka percakapan dengan anak, agar paham dan bukan sekadar tahu.

<span;>Sulthon Aulia Preschool, Kindergarten & Daycare memiliki cara tersendiri dalam upaya  memberikan pemahaman pada siswanya mengenai hal ini, dengan menghadirkan seorang Pendongeng Profesional  untuk mengenalkan Palestina dengan cara yang cukup menarik perhatian dan mudah dipahami siswa-siswinya.

<span;>Pemahaman dini tersebut, dilaksanaka bekerja sama dengan Lembaga Zakat Nasional LMI, sementara acara ini dikemas sekaligus untuk mengajak para siswa berlatih sikap peduli sesama dengan melakukan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan Palestina.

<span;>Acara berlangsung pada hari Kamis, 9 November 2023 bertempat di Musholla Baitul Kholiq Jl. Simowau Asri Blok B10, Kecamatan Taman, Sidoarjo, berlangsung khidmat. Para siswa terlihat antusias dalam mengikuti acara ini.

<span;>Sebelum dimulai, acara diawali dengan kegiatan Do’a Pembuka kemudian dilanjutkan Mendengar Kisah / Dongeng tentang Palestina, selanjutnya, dilakukan berdo’a bersama untuk Palestina yang di pimpin oleh Puput, selaku perwakilan dari Tim LMI Sidoarjo, berlanjut pengumpulan donasi dan foto bersama.

<span;>Tak hanya itu, terlaksananya acara ini juga disambut positif oleh para orangtua siswa, tampak dari jumlah donasi yang terkumpul sebanyak Rp. 1.600.000 dari total 35 siswa yang hadir.

<span;>”Alhamdulillah hari ini Sulthon Auliya Preschool & Kindergarten mengadakan  penggalangan dana bantuan kemanusiaan untuk saudara – saudara di Palestina, menurut saya kegiatannya bagus sekali dan positif karena untuk memupuk kepedulian sosial kemanusiaan sejak usia dini, di mana ketika saudara kita tertimpa suatu bencana atau musibah maka kita ikut merasakan sakit dan kesedihannya, dan juga untuk menumbuhkan jiwa yang suka bersedekah,” ujar para orang tua murid.

<span;>”Jazakumulahukhoiro untuk bunda-bunda guru Sulthon Aulia Preschool & Kindergarten yg telah memfasilitasi anak-anak untuk menyalurkan sedikit bantuan kepada teman-teman di Palestina.” Ujar Ulya Rosita perwakilan dari orangtua siswa sekaligus menjabat sebagai ketua komite sekolah.

<span;>Sementara harapan dari pihak sekolah, orangtua murid juga dapat merecalling & melanjutkan memberi pemahaman yang benar terkait isu konflik Israel- Palestina saat di rumah, tentunya dengan mencari sumber – sumber info yang tepat, dan mengajak anak untuk mengambil hikmah / pelajaran dari peristiwa konflik Israel dengan Palestina. Dari peristiwa ini sehingga bisa memupuk sifat kasih sayang dan tidak menyakiti sesama, mengajarkan anak untuk menghormati kepemilikan orang lain dengan tidak merebutnya.

<span;>”Memberikan pertolongan dan dukungan kepada orang-orang lemah yang tertindas, serta  hikmah – hikmah lain yang bisa di gali kembali dan di sampaikan kepada anak-anak hal ini yang terbaik,” ini penyampaian secara pendidikan pihak sekolah, <span;>Sulthon Aulia Preschool.

<span;>(Johnit Sumbito)