INFO JAKARTA

Diguyur Hujan Permukiman di Rawa Buwa Dikepung Banjir

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Guyuran hujan lebat mengakibatkan sejumlah permukiman di Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng Jakarta Barat terendam banjir, Sabtu (27/1/2024).

Adapun permukiman yang terendam banjir RT 05, 06, 011 dan 015 RW 04, ketingian air mencapai 30 s/d 40 cm.

Menurut warga RT 06/RW 04 Muhamad Topik, seringnya banjir diwilayahnya disebabkan dari faktor dranase yang buruk.

“Ini karena faktor drainasenya yang buruk alias dangkal,” ujar M Topik saat dikonfirmasi dilokasi, Sabtu (27/1/2024).

Selain buruknya drainase, kata Topik, banjir yang sering merendam di wilayahnya dikarenakan air kali anak Angke lebih tinggi dibanding permukiman.

“Masalahnya, air kali lebih tinggi dibanding permukikan penduduk. Jadi setiap hujan dipastikan wilayah banjir,” ucap Topik.

Dari pantauan dilokasi, RT 06 dan 015 RW 04 ada puluhan rumah yang sudah terendam banjir akibat guyuran dari sejak pukul 10.00 WIB.

Topik berharap, Pemerintah Kota Jakarta Barat agar segera mengatasi seringnya banjir di wilayah Rawa Buaya, agar hidup warga nyaman.

“Kami berharap Pemerintah Kota Jakarta Barat agar segera mengatasi banjir ini biar hidup warga tenang dan nyaman,” harap Topik.

Sementara Lurah Rawa Buaya, Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat Junedi menjelaskan, bahwa banjir hari ini ada tiga titik permukiman yang terendaam, yakni di wilayah Darma wanita RW 01, RT 04 dan RT 015 RW 04.

“Ada tiga titik permukiman yang kebanjiran,” jelas Junedi.

Lurah Rawa Buaya juga menyebutkan, genangan air di wilayahnya karena adanya kerusakan pompa air di pos Rawa Buaya.

“Saat ini kami masih koordinasikan ke pihak Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat agar banjir segera teratasi,” jelas Junedi.

(Johnit Sumbito)