INFO JAKARTA

Sampah Bau Busuk Berserakan di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng Timur

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Sampah menumpuk dan berserakan di badan Jalan Bangun Nusa Raya, RT 03 RW 03, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Tumpukan sampah tersebut, mencemari lingkungan karena mengeluarkan bau busuk sehingga mengakibatkan para pengendara roda dua yang melintas harus membuang ludah sambil pencet hidungnya.

Padahal tindakan buruk ini, yang berdampak mencemari lingkungan dan membahayakan masyarakat sekitar, Namun pelaku membuanhbsampah sembarangan terseburmt melanggar Perda 3/2023 tentang Pengelolaan Sampah, Pasal 130 dikenakan denda sebesar Rp 500 ribu. Diperlakukan sama dengan larangan membuang sampah.

Yadi warga RT 04 RW 03, Kelurahan Cengkareng Timur mengungkapkan, sampah yang menumpuk di samping saluran air Jalan Bangun Nusa Raya tersebut buangan dari orang tak dikenal (OTK).

“Yang sering saya lihat sampah itu buangan orang – orang yang lewat sambil mengendarai sepeda motor. Tapi saya gak ada yang kenal,” ujar Yadi saat ditenui dilokasi, Rabu (28/2/2024).

Yadi juga menyebutkan, orang tak bertanggung jawab itu, membuang sampah di badan jalan Bangun Nusa Raya setiap hari dengan dibungkus kantong plastik dan mengakibatkan petugas PPSU jengkel.

“Setiap hari orang membuang sampah disini, petugas PPSU saja sampai jengkel. Pernah saya pergoki dan saya uber sambil mengendarai motor, tapi hilang jejak di wilayah Pakuwon,” kata Yadi.

Sementara Lurah Cengkareng Timur, Boy Purba saat dikonfirmasi, Rabu (28/2/2024) sore menjelaskan, bahwa sampah yang berceran di jalan Bangun Nusa Raya RT 03 RW 03 tersebut, orang – orang yang melintas sambil membuang sampah.

“Itu orang yang lewat yang sering buang sampah liar,” jelas lurah.

(Johnit Sumbito)