INFO JAKARTA

Pemudik di Terminal Kalideres Masih Sepi, Diprediksi Puncak Mudik Pada H – 4

JAKARTA – Puncak pemudik yang menggunakan jasa transportrasi darat di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diprediksi terjadi pada H – 4 tanggal 6/7 April mendatang.

Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat Revi Zulkarnaen menjelaskan, bahwa pihak terminal Kalideres saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi gangguan pemudik lebaran 1445 H/2024 M.

“Kami saat tengah menyiapkan posko-posko, diantaranya posko pengamanan terpadu, posko Kesehatan dan posko Rump Chek. Dengan posko yang kamib kami persiapkan ini nantinnya dibantu oleh pihak TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Pramuka,” ujar Revi Zulkarnaen, Jumat (29/3/2024).

Rwvi menyebutkan, posko pengamanan terpadu akan difungsikan untuk membantu pelayanan para penumpang yang hendak mudik lebaran idul fitri.

Pos kesehatan diperuntukan memberikan pelayanan para penumpang dan sopir bus AKAP yang hendak memberangkatkan para pemudik, dan untuk memastikan para pengemudi dalam kondisi sehat, dan terhindar dari minuman keras atau narkoba.

“Pengemudi harus dalam keadaan sehatAda juga posko pengujian bus (Rump Chek) sebelum bus diberangkatkan harus laik jalan, jadi pengemudinya harus sehat, busnya juga harus laik jalan,” sebut Revi.

Lanjut Revi mejelasakan, pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) melalui terminal Kakideres dipridiksi tahun ini 2024 akan meningkat daripada tahin 2023.

“Kalau puncak mudik lebaran tahun 2023 lalu, <span;>puncaknya H- 3, penumpang yang diberangkatkan 5.655 orang. Kalau untuk tahun ini 2024,  pridiksi saya bisa 7.000 sampai 8.000 orang. Dan pada puncaknya <span;>diprakirakan mencapai 8-9 ribu orang,” jelas Revi.

Sementara untuk lebaran 2024, diprediksi armada angkutan lebaran yang diberangkatkan daribterminal Kalideres hampir 500 bus.

“Total 500 bus itu dari 12 PO bus di Terminal Kalideres yang akan melayani pemudik lintas Sumatera maupun Jawa pada pincaknya mudik nanti,” kata Revi.

(Johnit Sumbito)