INFO JAKARTA

Arus Balik Lebaran 2024 Diprediksi Puncaknya Terjadi Pada Senin Besok dan Selasa Lusa

JAKARTA – Lonjakan arus balik lebaran 2024 diprediksi terjadi pada hari Senin dan Selasa, 15-16 April besok dan lusa.

“Penumpang yang berangkat dari berbagai daerah diperkirakan berangkat hari ini, dan mereka akan tiba di terminal Kalideres pada Senin dan Selasa besok dan lusa,” kata Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Revi Zulkarnain saat dikonfirmasi, Minggu (14/4/2024).

“Untuk memperlancar mobilisasi penumpang arus balik yang tiba di terminal. Pihak Dishub bekerjasama dengan TransJakarta menyediakan 15 unit armada transportasi bus untuk operasional dini hari mulai pukul 00.00 – 05.00 WIB,” tambah Revi.

Revi menyebutkan, sejumlah pemudik arus balik yang tiba tengah malam dan dini hari bisa memilih moda transportasi bus TransJakarta untuk operasional pada jam 00.00-05.00 WIB ini sebagai lanjutan menuju rumah.

Selain TransJakarta, kata Revi, ada juga transportasi lanjutan lainnya diantaramya bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Mayasari dan angkutan kota (angkot).

“Ia, ada AKDP Mayasari Bakti dan angkot untuk jam operasional malam hari seperti TransJakarta,” kata Revi.

Untuk segi pengamanan, pihak terminal Kalideres juga menyediakan beberapa posko.

“Kami siapkan dan siaga di posko pengamanan, kesehatan, dan ramp check. Ada petugas medis standby 24 jam dan ambulans dari Dinkes DKI,” jelasnya.

Untuk para sopir bus, Revi juga mengimbau untuk tidak memaksakan diri berkendara dalam kondisi lelah. Tetap selalu berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya.

“Kalau lelah, silakan berhenti dan istirahat diganti dulu dengan sopir cadangan. Sopir
harus kondisi sehat saat mengemudikan bus,” imbuhnya.

Selain itu, Revi pun berharap kepada pemudik yang baru saja kembali usai merayakan Lebaran Idul Fitri 1445 H di kampung halamannya masing -masing baik dari Simatera dan Jawa agar turun di dalam terminal.

“Sebaiknya turunnya di dalam terminal, jangan di pinggir jalan, karena bisa membahayakan keselamatannya kalau di pinggir jalan, kalau di terminal kan ada ruang tunggu, petugas keamanan, toilet mushola dan lain sebagainya,” imbaunya.

(Johnit Sumbito)