INFO JAKARTA

Canangkan Tanam Sejuta Pohon, Pemkot Jakarta Barat Biarkan RTH di Cengkareng  Penuh Pedagang Loakan

JAKARTA – Ruang Terbuka Hijau (RTH) jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng Timur, Cengkareng Jakarta Barat terlihat mangkrak tak terawat sebagai mana layaknya taman kota.

Ribut warga Cengkareng Timur, Cengkareng mengungkapkan, tidak berfunsinya RTH di jalan Lingkar Luar Barat tersebut, akhirnya dimanfaatkan para pedagang liar (loakan). Seperti sepeda bekas, handphone bekas dan barang – barang loakan lainnya.

“Seharusnya pihak pemerintah Kota Jakarta Barat mangembalikan fungsi taman kota biar Jakarta Barat ini menjadi hijau dan indah dilihatnya,” ungkap H. Ribut saat dikonfirmasi dilikasi, Rabu (1/5/2024).

Dia juga menyebutkan, selama ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mencanangkan menanam sejuta pohon, tujuannya agar Jakarta menjadi hijau royo – royo. Selain itu juga bertujuan untuk mencegah polusi udara di Jakarta yang mengganas selama ini.

“Ini mencanangkan tanam sejuta pohon, taman yang ada malah dibiarkan mangkrak, yang ada yang tumbuh pedagang loakan,” ujar H. Ribut.

Disisi lain, kata H. Ribut, tak diurusnya taman tersebut, biar pedagang kecil memanfaatkan taman mati agar mereka berusaha cari nafkah untuk keluaganya.

“Daripada mangkrak ya lebih baik dimanfaatkan oleh para pedangang kecil. Kalau mau dikembalikan fungsi taman, seharusnya pemerintah Kota Jakarta Barat menertibkan para pedagang itu,” katanya.

(Johnit Sumbito)