Bupati Kepulauan Seribu Akan Resmikan Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa, Warga Sambut Sukacita

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu akan membangun destinasi wisata baru, yakni Kampung Jepang yang dijuluki “Taman Sakura” letaknya di Pulau Untung Jawa. Warga pun menyambut dengan sukacita karena di tamam tersebut ada pohon sakura.

“Wow Ada Pohon Sakuranya jadi kami Gak usah jauh-jauh ke Jepang lihat pohon Sakura,” ujar warga Pulau Seribu.

Kampung Jepang yang di bangun di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara tersebut, juga diserasikan dengan ditanami pohon Sakura yang akan menjadi salah satu Ikon di negaranya.

Hari ini Senin (24/5/2021) Bupati Kepulauan Seribu Junaedi berkunjung ke Kampung Jepang, ia  mengatakan, bahwa Kampung Jepang akan di resmikan dan diusung menjadi konsep Destinasi Baru di karenakan ada pohon sakura yang tumbuh di kawasan pantai Pulau Untung Jawa.

“Pohon sakura di sini asli bukan palsu dan tumbuh di pulau, menurut cerita dahulu ,diplomat Jepang yang ditugaskan menanam pohon di sini maka beserta jajaran instansi kita kembangkan untuk menjadi daya tarik wisata
suasana Jepangpun semakin terasa dengan adanya lampion-lampion,” ujar Junaedi usai peresmian, Senin (23/05/21).

Dalam kunjungan bupati tersebut dihadiri Camat Kepulauan Seribu Selatan Angga Saputra, Lurah Untung Jawa Supriadi, Kapolsek Kepulauan Seribu Selatan AKP Wisnu Wardono, Kasudin Parekraf Kepulauan Seribu Puji Astuti, Kepala Pelabuhan Untung Jawa Sulaiman, serta pihak TNI dan Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja  wilayah setempat.

Arsudin (32) salah satu warga setempat pun sudah menamai kawasan di sekitar Untung Jawa dengan sebutan Pantai Sakura,

“Wow ada pantai penuh dengan pohon sakura jadi ga usah jauh- jauh ke Jepang cukup ke Pulau Untung Jawa.” Ucapnya.

Lebiuh lanjut, Junaedi mengungkapkan, bahwa  masyarakat setempat sudah memberikan nama lokasi tersebut yaitu Pantai Sakura.

“Masyarakat setempat sudah memberi nama Pantai Sakura,” jelasnya.

Sebelumnya terdapat 54 pohon sakura tumbuh subur dan kita pelihara sampai sekarang terus berbunga.

“Kita akan mencari pohon sakura jenis lain untuk bisa di tanam,” katanya.

Pada pencanangan Hari Ulang Tahun ke – 494 DKI Jakarta sudah ada 26 kios yang sudah dibangun untuk keperluan wisata di Pantai Sakura, Kampung Jepang, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Junaedi berharap, pemanfaatan Destinasi Wisata yang baru ini tidak hanya menarik minat para wisatawan saja, tetapi juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar. Jika Destinasi Wisatanya maju ,biasanya akan mnmesejahterakan masyarakat setempat.

Sementara KU PPD Kepala Unit Penyelengara Pelabuhan Daerah (KU PPD) 1 Moch. Faisol di dampingi , Kepala Unit Pelayanan Angkutan Perairan (KU PAP) Hendrico Tampubolon menambahkan, adanya inisiatif Kepala Pelabuhan Pulau Untung Jawa Sulaiman dengan cara memperbaiki, memfasilitasi Pelayanan publik yang terdapat di wilayahnya bersama instansi terkait dan unsur masyarakat lainnya.

Selain kampung Jepang yang di penuhi pohon sakura sepanjang pantainya ada juga Jembatan pelangi , wisata jembatan pengantin berbentuk Cinta (hati) , wisata bawah laut dengan cara Snorkeling dan Wisata kuliner seafoodnya di kawasan pulau Untung Jawa.

“Mungkin semua dengan harapan yang sama, semoga Pulau Untung Jawa menjadi salah satu tujuan Destinasi Utama bagi para wisatawan di Jakarta,” pungkasnya.

(Johnit. S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *