INFO JAKARTA

Melanggar PPKM Darurat, 15 Orang Pengunjukrasa di Jakarta Pusat Diamankan Polisi

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Menggelar aksi unjuk rasa dalam pemberlakuan PPKM Darurat tanpa pemberitahuan, Polres Metro Jakarta Pusat mengamankan 15 orang di areal vital depan KFC Kilosari Menteng Jakarta Pusat.

Puluhan massa yang mengatasnamakan HMI dan SEMMI itu sempat menutup jalan, dengan tuntutan menolak perpanjangan PPKM Darurat, didepan Kantor Sekretariat Cilosari 17 Cikini, Menteng Jakarta Pusat, Senin (19/7/ 2021) siang.

Dalam aksi tersebut, oetugas sudah berusaha melakukan upaya persuasif dengan mengimbau dan berkordinasi agar masa tidak melanjutkan aksi unjukrasa karena, selain melanggar PPKM Darurat juga tanpa memberitahun izin unjuk rasa. Namun massa justru melempari petugas dengan batu dan kayu.

“Sekelompok massa mengatasnamakan Jakarta bergerak mengatasnamakan HMI Jakarta Timur  SEMMI Jakarta Pusat dan HMI Jakarta Pustara. Awalnya mereka bergerak di depan KFC kemudian menutup jalan,” kata Kabag Ops Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Guntur M Torik.

Guntur menegaskan, bahwa pada masa PPKM Darurat, jelas bahwa kerumunan sangat dilarang, termasuk unjukrasa apalagi di lokasi lokasi objek vital negara.

“Jadi tidak benar polisi menyerang sekretariatan. Saat ini kita sudah amakan 15 orang pengunjukrasa, untuk kita lakukan pemeriksaan,” kata Kabag Ops.

Kabag Ops menjelaskan, massa dengan penanggung jawab lapangan Ismail itu berkumpul mengatasnamakan Jakarta Bergerak (HMI Jakarta Timur, SEMMI Jakarta Pusat & HMI Jakarta Pustara), berjumlah sekitar 30 orang.

Mereka menuntut menolak PPKM diseluruh Indonesia, dengan membawa Pengeras Suara (toa), tiga buah ban bekas (ban mobil 1 + ban motor 2), dan mengendarai motor. Massa juga berencana melakukan aksi unjukrasa ke depan Istana Negara Presiden.

“Kita juatru melakukan himbauan kepada massa aksi untuk tidak melakukan unjukrasa  disaat PPKM Darurat namun tidak direspon baik oleh massa aksi. Massa justru mengusir petugas dan hendak melawan perugas untuk berhadapan langsung, dari Sekretariat HMI Cilosari,” terangnya.

Pukul 12.00 Wib, petugas Kepolisian kembali melakukan himbauan terkait PPKM Darurat dilarang melaksanakan giat unras,” Tegasnya

Namun Pukul 12.50 Wib, massa aksi selesai melaksanakan Rapat Internal dengan hasil bahwa mereka melakukan unras di depan KFC Cikini Raya.

“Pukul 13.00 Wib, massa aksi masih berada di dalam halaman HMI Cilosari Menteng. Pukul 13.05 Wib, massa aksi start longmarch menuju KFC Cikini Menteng. Pukul 13.10 Wib, massa aksi tiba di depan KFC Cikini menggelar aksi unjuk rasa, membawa bendera Merah Putih, bendera lembaga dan satu ban bekas mobil, dan spanduk bertuliskan Jakarta Bergerak. Tolak PPKM #Jokowi Gagal,” katanya.

Kemudian pada Pukul 13.15 Wib, Tim Ops Polres Metro Jakarta Pusat terus melakukan imbauan kepada massa aksi namun tidak diindahkan.

“Selanjutnya aksi massa kita bubarkan selanjutnya massa aksi dibawa ke Polres Metro Jakarta Pusat. Jumlah yang diamankan 15 orang. Melanggar PPKM, mengganggu ketertiban umum,” ucapnya.

Sementara ada sejumlah warga yang hendak melaporkan peristiwa tersebut karena masa aksi masuk dalam kepekarangan rumah, kini ke 15 peserta aksi di amankan ke Polda Metro Jaya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan