Sugeng Teguh Santoso Resmi Dilantik Jadi Ketua Indonesia Police Watch (IPW)

JAKARTA, infoMALANGNEWS.com -Sugeng Teguh Santoso resmi dilantik sebagai Ketua Indonesia Police Watch (IPW). Pelantikan diselenggarakan di Jalan Daksinapati Raya No. 6 B, Komplek Universutas Negeri Jakarta (UNJ) Rawamangun Jakarta Timur, Rabu (18/8/2021).

Dalam pelantikan tersebut, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menjelaskan, bahwa Organisasi yang akan dipimpin kedepan ini sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang mengontrol dan mengkritisi kinerja kepolisian.

“Indonesia Police Watch ini didirikan menjadi pengkritisi kepolisian, karena kepolisian adalah lembaga yang sangat dahsyat, diantara penegak hukum KPK, Jaksa. Kepolisian punya kewenangan yang sangat besar, semua undang-undang yang mengandung ancaman pidana menjadi kewenangannya. Apabila tidak dikontrol akan disalahgunakan kewenangan itu, siapa yang menjadi korban republik ini, juga masyarakat,” jelasnya.

Sugeng juga menegaskan,
kepolisian adalah Bhayangkara negara, bukan alat kepentingan.

“Kepolisian adalah Bhayangkara negara, bukan centeng penguasa, bukan centeng pengusaha, bukan pula centeng kepentingan yang lain, bahkan bukan untuk kepentingan pribadi,” ujarnya.

Sugeng berharap, disamping IPW, pihaknya juga meminta media masa untuk bekerjasama dalam mengawal kinerja kepolisian.

“Apabila suara kita tidak dibantu oleh media masa, maka kekuatan ini tidak ada, kalau kekuatan itu tidak ada, maka yang akan dirugikan adalah republik juga masyarakat. Oleh karena itu media masa mempunyai tanggung yang sama untuk menjadikan Polri Bhayangkara negara mengawal republik ini sesuai cita-cita dan amanat konstitusi,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *