METROPOLITAN

KA Daop 1 Jakarta Tertibkan 137 Bangli di Lintas Stasiun Angke Kampung Bandan

JAKARTA, infoMALANGNEWS.com – Keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api (KA) menjadi komitmen PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta. Hal ini dalam memberikan layanan bagi pelanggan.

Untuk itu PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan penertiban bangunan liar (bangli) di sekitar jalur KA antara Stasiun Angke hingga Stasiun Kampung Bandan dengan jarak 4,1 kilometer. Penertiban dilakukan dengan menggandeng unsur kewilayahan setempat dan internal KAI sebanyak 200 personil.

“Sebanyak lebih dari 137 bangunan liar kami tertibkan dari lokasi yang mayoritas bangunan non permanen. Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta juga telah memberikan sosialisasi kepada para penghuni bangunan untuk mengosongkan lokasi,” ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Jumat (11/2/2022).

Daop 1 Jakarta juga menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dengan rangkaian 20 gerbong datar untuk mengangkut puing-puing serta sampah yang ada di lokasi untuk dibawa ke tempat pembuangan.

Hal tersebut, sesuai Undang Undang Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian, Pasal 178 yang menyatakan, “Setiap orang dilarang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul, bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api,” ucap Eva.

Untuk itu, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan atau mendirikan bangunan di sekitar jalur KA karena dapat membahayakan perjalanan KA. Selain itu PT KAI Daop 1 Jakarta juga mengajak masyarakat yang tinggal berdekatan dengan jalur KA untuk ikut menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah ke jalur KA.

Eva menjelaskan, behwa sebelumnya pada akhir tahun 2021 lalu PT KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan kegiatan yang sama di jalur KA lintas Stasiun Tanah Abang, Duri dan Stasiun Pasarsenen-Gangsentiong.

“Sebelumnya kami juga telah menertibkan bangunan liar di jakur KA lintas Stasiun Tanah Abang, Duri dan Stasiun Pasarsenen dan Gangsebtiong,” pungkas Eva.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan