METROPOLITAN

IPW Apresiasi Polri dalam Pengendalian Aksi Demo BEM SI 11422 di Depan Gedung DPR/MPR-RI

infoMALANGNEWS.com JAKARTA –  Indonesia Police Watch (IPW) sangat mengapresiasi pengendalian demo BEM-SI 11 April 2022 yang dulaksanakan langsung oleh jajaran Polda Metro Jaya (PMJ).

Apresiasi tersebut diberikan, karena aksi demo berjalan aman tanpa bentrok massa mahasiswa dengan aparat. Hal ini dikarenakan, Polri telah berkomitmen untuk mengawal aksi demo dengan pelayanan dan pengamanan humanis.

Kendati terjadi kericuhan, dengan dikeroyoknya pegiat media sosial Ade Armando di depan Gedung DPR/MPR-RI dan juga enam anggota Polri terluka akibat lemparan batu saat mengamankan Ade Armando. Namun kejadian itu setelah aksi mahasiswa selesai dan bukan dilakukan oleh peserta aksi dari mahasiswa.

“Aksi dengan ribuan mahasiswa itu, berjalan damai karena manajemen pengendalian massa yang tepat oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran terhadap anggotanya yang mengawal unjuk rasa sangat elegan. Tidak ada kekerasan dan tidak terlihat sikap arogan dari aparat,” kata ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat memberikan siaran persnya pada Selasa (12/4/2022) di Jakarta.

Menurut Sugeng, hal itu dikarenakan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menerapkan strategi pengawasan melekat dan memimpin langsung anggotanya.

Dari sejak awal, Kapolda telah memberikan arahan terkait penggunaan alat-alat kendali demo yang soft dengan perintah tegas larangan membawa senjata dan peluru tajam.

“Pengamanan demo merujuk Perpol Pengendalian massa nomor 16 tahun 2016 dan Perkap tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian. Terbukti tidak ada massa mahasiswa luka karena kekerasan aparat dan penggunaan water canon serta gas air mata sesuai SOP,” pungkas Sugeng.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan