INFO JAKARTA

Tanggul Kali Ambruk Lambat Diperbaiki Rawa Buaya Jakarta Barat Banjir

JAKARTA, infomalangnews.com – Huyuran hujan dari Jumat (15/7/2022) malam hingga Sabtu (16/7/2022) pagi ini akibatkan sejumlah wilayah RT RW 04 Kelurahan Rawa Buaya, Kecanatan Cengkareng, Jakarta Barat kebanjiran.

Nimad warga Rt 15/04, Kelurahan Rawa Buaya mengungkapkan, banjir di permukimannya sudah dari sejak subuh tadi. Dia menyebutkan, banjir bandang ini diduga akibatambruknya tanggul kali anak Angke di Rawa Buaya tersebut pihak Pemkot Jakarta Barat lamban memperbaiki.

“Banjir di tempat saya sudah sedebgkul orang dewasa dari sejak subuh tadi. Saya menduga air kali mengalir deras dari tanggul kali yang ambruk sudah sejak lama. Mestinya pihak Pemkot cepat memperbaiki,” ungkap Nimad saat dikonfirmasi, Sabtu (26/7/2092).

Sementara Rizal petugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat saat dihubungi Infomalangnews.com, Sabtu (16/7/2022) siang membenarkan bahwa luapan air deras yang menggenangi permukiman tersebut dari ambruknya tanggul kali yang ada di wilayah RW 04 Rawa Buaya.

“Benar dari tanggul kali yang ambruk, jadi air meluap deras menuju ke permukiman Rt 13, 15 dan Rt 06 RW 04. Masalah ini kami juga sudah melaporkan langsung ke pimpinan SDA tingkat kecamatan dan Walikota Jakarta Barat,” ujar Rizal.

Lebih lanjut, Rizal mengatakan, robohnya tanggul kali anak Angke tersebut sudah lama, sedangkan pihak SDA juga sudah melakukan upaya menanggul dengan tumpukan pasir dalam karung.

“Pihak SDA sebenarnya sudah berupaya, tapi hanya menanggul dengan cara menumpuk pasir dalam karung, sehingga tidak maksimal dan air tetap deras meluap,” katanya.

Sementara dari pantauan infomalangnews.com, selain permukiman yang terendam banjir, diantaranya wilayah RT 06, 13, 15 dan RT 16/04,  jalan Bojong Raya juga terendam mencapai 50 cm.

Nanun sejauh ini, warga yang rumahnya sudah terendam banjir 40 cm belum ada yang mengungsi.

“Kami masih bertahan dulu di rumah, lihat perkembangan naiknya volume air cepat atau tidak, kalau air akan meninggi kami siap-siap cari tempat ungsian,” ujar Muslih warga RT 13 RW 04, Rawa Biaya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan