METROPOLITAN

Terlibat Tawuran, 18 Pelajar Dibina Satuan Bimas Polrestro Jakarta Barat

JAKARTA, infomalangnews.com –  Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengapresiasi Polres Metro Jakarta Barat terkait penanganan antar pulang pelajar yang pernah diamankan lantaran terlibat tawuran.

Sebelumnya, Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Fernando Saharta Saragi mengantarkan dan menjemput para pelajar yang sempat dilakukan pendataan dan pembinaan akibat terlibat dalam aksi tawuran untuk diantarkan ke rumahnya masing-masing.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sembako kepada masing-masing keluarga tidak mampu yang anaknya terlibat tawuran.

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Fernando Saharta Saragi mengatakan, sebanyak 18 pelajar terlibat aksi tawuran yang berhasil diamankan.

“Sebanyak 18 pelajar tersebut diamankan didaerah Daan Mogot pada hari Sabtu oleh Tim Patroli Perintis Presisi (TPPP) Polres Jakarta Barat dan setelah dilakukan pendataan para pelajar tersebut berdomisili di Cengkareng, Tambora, Kembangan, Kalideres dan Kebon Jeruk,” ujar Fernando saat dikonfirmasi, Senin (10/10/2022).

Lanjut Fernando mengatakan, para pelajar tersebut, kemudian dilakukan pendataan dan pembinaan.

“Selesai diberikan pembinaan, kami mengantarkan pelajar ke rumah masing-masing didampingi ketua RT/RW/Toga/Tomas dengan tujuan supaya orang tua dan lingkungan seperti RT dan RW juga berperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap anak tersebut,” kata Fernando.

“Bahwa para pelajar yang telah diantar dan dikembalikan ke orang tuanya akan dilakukan pengawasan kusus oleh Bhabinkamtibmas setempat,” terangnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Agus Ramdhani mengatakan, hal ini adalah merupakan langkah inovatif yang dilakukan Polres Jakarta Barat ini bisa mengurangi tingkat kenakalan remaja terkait dengan tawuran yang kerap terjadi antar pelajar.

“Tentunya tidak hanya tugas Dinas pendidikan tetapi sangat dibutuhkan peran serta orang tua, masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan stakeholder lainnya agar Jakarta Barat nihil tawuran pelajar,” kata Agus.

Selain itu, Tokoh Pemuda Jakarta Barat Umar Abdul Aziz juga memberikan apresiasi secara moral kepada Polres Metro Jakarta Barat.

“Saya sangat mengapresiasi sekali sebuah langkah humanis yang dilakukan Polres Jakarta Barat. Semoga dengan langkah ini, kasus tawuran antar pelajar tidak ada lagi,” ujarnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan