METROPOLITAN

Mantapkan Pengamanan Nataru 2022/2023, Polsek Kebon Jeruk Rakor Bersama Tiga Pilar

JAKARTA, infomalangnews com – Mantapkan sinergitas pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, Polsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Batat bersama Tiga Pilar Kecamatan Kebon Jeruk melaksanakan rapat koordinasi dengan Pengurus san Penatua Gereja di Wiayah Hukum Polsek Kebon Jeruk, Rabu (21/12/2022).

Adapun dalam rapat tersebut, dipimpin oleh Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Slamet yang berlangsung di Aula lantai 3, Mapolsek Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Rapat koordinasi tersebut, dihadiri Danramil 05/Kebon Jeruk Kapten Inf Sudarsono diwakili Peltu Uleng, Wakapolsek Kebob Jeruk AKP Abubakar Sidik, Kanit Binmas AKP Suharmanto, Kanit IK AKP Subartoyo, Kanit Lantas AKP Agus Toto, Bhabinkamtibmas jajaran Polsek Kebon Jeruk, Kapuskes Kecamatan Kebon Jeruk dr Parlin, Kasatpol PP Kecamatan Kebon Jeruk Yudistira, Para Pengurus Gereja di Wilkum Polsek Kebon Jeruk dan Pokdarkamtibmas Citra Bhayangkara Cucup Subhi.

Foto: Istimewa

Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Slamet Riyadi mengatakan, perayaan Natal khususnya di Wilayqh hukumkum Polsek Kebon Jeruk, ada 20 Gereja yang melaksanakan Perayaan Natal.

“Dalam perayaan Natal 2022 ini di wilayah hukum Polsek Kebon Jeruk diketahui tercatat ada 20 gereja yang melaksanakan Misa (Kebaktian) Malam Natal dan kemudian tanggal 25 Desember berlanjut Misa (Kebaktian) Natal,” ujar Slamet saat dikonfirmasi , Kamis (22/12/2022).

Untuk itu, ia berharap, agar sinergitas Tiga Pilar dalam melaksanakan pengamanan Natal agar terciptanya situasi kondusif aman, nyaman dan tentram.

“Upayakan mengantisipasi barang terlarang yang masuk ke dalam gereja dengan cara memfungsikan metal detector di pintu masuk gereja termasuk kelancaran arus lalulintas pin saat perayaan Natal di sekitar Gereja ,” ucap Kapolsek.

Lebih lannut, Slamet juga menyampaikan 7 sistem pengamanan saat Ibadah Natal berkangsung.

Pertama, upaya Rapat Koordinasi Tiga Pilar dengan pengurus Gereja adalah sangat penting, mengingat hal ini guna mencegah terjadinya aksi teror dalam perayaan Natal.

Kedua, dalam mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, maka Sinergitas antara Tiga Pilar dan pengurus Gereja sangat penting.

Ketiga, Khusus giat Pam Natal, Polsek Kebon Jeruk telah membuatkan sprint personel dalam melaksanakan pam di titik titik rawan.

Keempat, menghimbau kepada pihak Pamdal untuk memfungsikan alat komunikasi berupa Handy Tolki dan juga CCTV untuk memudahkan pengamanan.

Kelima, petugas yang melaksanakan Pengamanan agar tidak meninggalkan Objek sehingga tidak memberikan celah/peluang bagi pihak-pihak untuk melakukan aksi teror.

Keenam, pengurus Gereja dan Pamdal agar memperhatikan kantong parkir.

Ketujuh,  berharapnya  perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilkum Polsek Kebon Jeruk berjalan aman, nyaman dan damai.

Dalam kesempatan yang sama, Peltu Uleng mewakili Danramil 05/Kebon Jeruk Kalten Inf Sudarsono menyampaikan, bahwa pada dasarnya Koramil 05/Kebon Jeruk siap melaksanakan Pam Natal 2022 dan melakukan deteksi dini guna mencegah aksi teror.

“Dalam deteksi dini akan dilamukan, kita melibatkan elemen masyarakat,” ujar Peltu Uleng.

Sementara Kepala Sarpol PP Kecamatan Kebon Jeruk Yudistira mengatakan, bahwa Terkait pengamanan Natal pihaknya juga siap mendukung upaya pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Melihat situasi yang saat ini berangsur mulai lepas dari Pandemi, kami menghimbau kepada pengurus gereja agar memperhatikan kantong parkir kendaraan R2 dan R4 jamaat,” ucapnya.

Sementara itu perwakilan Gereja Maria Bunda Karmel Teddy, merasa senang dan bangga atas pertemuannya dalam Rapat Koordinasi bersama jajaran Polsek Kebon Jeruk, Tiga Pilar dan Pengurus Gereja.

“Kami juga berterimakasih kepada Polda Metro Jaya dan khususnya Polsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat yang memberikan jaminan keamanan bagi umat Kristiani dalam melaksanakan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, agar semua dalam lindungan Tuhan,” ucap Teddy.

(Johnit Sumbito)