INFO JAKARTA

Warga Sesalkan Saluran Air Jalan Lingkar Luar Barat Cengkareng Berubah Jadi Kebon Pisang

JAKARTA, infomalangnews.com – Drainase Jalan utama Lingkar Luar Barat, Cebgjareng, Jakarta Barat berubah menjadi Kebon Pisang.

Dari pantauan di lokasi, selain berubah menjadi kebon pisang sebagian sisa got yang masih ada mirip empang ikan lele, karena air berwarna hijau berlumut campur lumpur.

Doni warga Kembangan Utara, Kembangan, Jakarta Barat, menyesalkan kondisi saluran air tersebut, ia mengatakan sharusnya seharusnya jalan Utama Lingkar Luar Barat Cengkareng menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta.

“Setiap hujan jalan Lingkar Luar Barat Cengkareng persisnya samping Mall Palem Mutiara sering tergenang air, karena gotnya berubah menjadi pohon pisang dan ada sebagian seperti empang ikan lele karena airnya tersumbat berlumut warna hijau,” ujar Doni di lokasi, Senin (27/3/2023).

“Seharusnya sebesar jalan utama ini, saluran airnya berubah membukit menjadi perhatian instansi terkait baik Pemkot Jakarta Barat maupun Pemprov DKI Jakarta,” kata Doni.

Sementara Bayu, warga Kapuk Cengkareng juga membenarkan, akibat saluran air di Jalan Lingkar Luar Barat, Cengkareng yang total tidak berfungsi tersebut, berdampak jalan tergenang air sehingga mengakibatkan kerusakan beton dan aspal jalan.

“Ini perlu perhatian serius instansi terkait terutama Petugas SDA yang harus bersinergi bersama petugas Bina Marga. Karena kedua instansi itu yang punya wewenang, SDA yang bertanggung jawab atas tidak berfungsinya saluran air, sementara Bina Marga yang bertanggung jawab kerusakan jalan,” ucap Bayu.

(Johnit Sumbito)