KOTA MALANG

Pamer Barang Mewah Viral di Medsos, Kasatlantas Polres Malang AKP AJM Diperiksa Bidpropam Polda Jatim

MALANG, infomalangnews.com – Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Kepolisian Resort (Polres) Malang, AKP Agnis Juwita Manurung diperiksa Bidpropam Polda Jawa Timur usai video viral pamer barang mewah di akun tiktok @pejabatcurang.

Dalam tayangan Video tersebut menunjukkan foto AKP Agnis Juwita Manurung mengenakan barang mewah yang dipajang di akun Instagramnya.

“Saat ini sudah diverifikasi oleh Bidpropam Polda Jawa Timur,” tegas AKBP Putu Kholis Aryana, Kapolres Malang, Senin (27/3/2023).

<span;>Putu Kholis mengaku belum mengetahui hasil dari pemeriksaan tersebut, karena pemeriksaan diperkirakan baru dijadwalkan hari ini. Sehingga masih harus menunggu hasil klarifikasi dari AKP Agnis Juwita Manurung dalam proses pemeriksaan tersebut.

“Kalau bicara terbukti atau tidak belum bisa saya sampaikan. Karena upaya klarifikasi dan verifikasi masih berjalan. Nanti ada penyampaian dari Propam bahwa ini sudah sesuai bisa dipertanggungjawabkan atau tidak,” jelasnya.

Berdasarkan pengakuan yang bersangkutan, kata Kholis, foto dengan barang-barang mewah itu diambil antara tahun 2019-2021. Selain itu juga ditemukan ketidakcocokan antara narasi dan foto tersebut.

“AKP Agnis melapor kepada kami, setelah itu kami cek video tersebut, akun itu baru, dan kami melakukan langkah klarifikasi, yang bersangkutan (Agnis) menjelaskan ada ketidakcocokan antara merek dan narasi yang ditampilkan,” bebernya.

Namun demikian, Kholis meminta anggotanya agar menaati imbauan Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk tidak pamer kekayaan. Selain itu, juga diminta berhati-hati dalam bersosial media.

“Mungkin dari saya lihat video yang beredar itu sedang berkumpul dengan teman, belum tentu juga ada niat pamer, namun dinarasikan dan dipahami berbeda. Ini kami imbau terus menerus,” pungkasnya.

Sebelumnya akun tiktok @pejabatcurang menyebarkan video disertai narasi tentang sosok AKP Agnis, berikut membocorkan barang mewah yang dikenakannya. Video tersebut menampilkan foto AKP Agnis yang tengah berpose dengan kacamata hitam bermerek Dior. Foto yang lain menunjukkan Agnis memakai gaun berwarna krem sedang menenteng tas warna merah merek Gucci Marmont seharga Rp 18.458.640.

Selain itu juga ditampilkan foto yang menunjukkan AKP Agnis memakai tas merek Gucci Marmont Half Moon dengan harga Rp 21.534.100 dan sepatu Valentino seharga Rp 19.000.000.

Video itu juga menyebut kalau tas Agnis lain warna cokelat bermerek Louis Vuitton seharga Rp 30.000.000. Foto Agnis tengah berolahraga sepeda juga disoroti bermerek Specialized seharga Rp 52.600.000.

Selain spill harga barang mewah yang dikenakannya, narasi tersebut juga membandingkan dengan gaji polisi berpangkat AKP yang disebutkan dalam kisaran Rp 2.909.100 sampai Rp 4.780.600.(*)

(Johnit Sumbito)