SURABAYA

Sering Mabuk Resahkan Warga Lamongan, WN Malaysia Dideportasi

SIDOARJO, INFOMALANGNEWS.com – Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melalui Kantor Imigrasi Tanjung Perak mendeportasi warga negara (WN) Malaysia berinisial HBR, Sabtu (8/7/2023) pagi tadi.

Sebelumnya, petugas kantor imigrasi yang dipimpin langsung Verico Sandi menqngkap HBR karena suka mabuk-mabukan dan mengganggu keamanan serta ketertiban umum.

“Tadi pagi sekitar pukul 09.15 WIB kami deportasi HBR ke Malaysia via Juanda,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur, Imam Jauhari kepada awak media,  Sabtu (8/7/2023).

HBR digiring petugas imigrasi dari ruang detensi sekutar pukul 07.00 WIB, dan tiba di Bandara International Juanda pukul 07.30 WIB.

“Dipulangkan dari Surabaya menuju Kualalumpur dengan menggunakan Maskapai Penerbangan Air Asia QZ 322,” kata Imam.

Sementara itu, Verico menjelaskan, bahwa HBR telah diusulkan dalam daftar cekal. Sehingga HBR tidak bisa masuk ke wilayah Indonesia untuk waktu yang ditentukan oleh Ditjen Imigrasi.

“Biasanya jangka waktu cekal sekitar 6 bulan, namun keputusan akhir tetap ada di Ditjen Imigrasi,” jelas Verico.

Deportasi itu dijalankan berdasarkan SKEP Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak No. W15.IMI.IMI2-GR.04.05-2795 Tahun 2023.

“HBR melanggar Pasal 78 ayat (3) Undang-undang No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Tindakan Administratif keimigrasian yang diambil yaitu pendeportasian telah sesuai dengan Pasal 75 ayat (2) huruf  (a) dan (f),” tegas Verico.

Adapun HBR tersebut Warga Negara Malaysia, dia ditangkap petugas Imigrasi Tanjung Perak Selasa 4 Juli 202 kemarin, lantaran sering mabuk – mabukan dan  meresahkan warga Lamongan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Timur,  Imam Jauhari menjelaskan, HBR bwrhasil ditanhkap oleh Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Tanjung Perak berawal dari laporan masyarakat.

“Masyarakat melapor melalui WhatsApp Customer Service Imigrasi Tanjung Perak, melapor ada WNA yang mengganggu kemanan dan ketertiban umum,” jelas Imam.

(Johnit Sumbito)