TNI & POLRI

Kasrem 081/DSJ Madiun Terima Audensi Veteran Perang Melawan Belanda di Malang

MADIUN, INFOMALANGNEWS.com – Kasrem 081/DSJ Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menerima audensi dari Peltu (Purn) Tjondro Kusumo, seorang veteran perang yang telah banyak berjuang dalam berbagai medan pertempuran untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Lahir di Juwana, 92 tahun silam, Tjondro masih begitu fasih menceritakan kisah-kisah heroik perjuangannya. Baik pada saat melawan penjajah Belanda dan Jepang, maupun pada saat memberantas berbagai pemberontakan yang terjadi di tanah air.

Kepada Kasrem, Tjondro juga mengungkapkan, mulai ikut berperang melawan penjajah pada saat dirinya masih berusia 16 tahun. “Saya mulai ikut berperang itu pada tahun 1947 di Malang melawan Belanda. Tepatnya setelah SMP waktu itu,” katanya di Ruang Transit Makorem 081/DSJ, Jl. Pahlawan No. 50 Kota Madiun, Senin (14/8/2023).

“Jadi tidak ada zaman dulu itu masa mudanya seperti sekarang ini, semuanya ikut berjuang, berperang,” tambahnya.

Mendengar kisah patriotisme itu, Kasrem pun mengaku bangga dan berterima kasih atas apa yang dilakukan oleh Peltu (Purn) Tjondro Kusumo.

“Terima kasih bapak atas perjuangannya. Kami bangga dan siap melanjutkannya dengan mengisi kemerdekaan saat ini,” kata Kasrem.

“Kami juga akan mengenangnya dan menjadikannya motivasi bagi kami para generasi penerus bangsa, supaya kami dapat terus berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara,” lanjutnya.

Setelah perbincangan keduanya, Kasrem kemudian mengajak Peltu (Purn) Tjondro Kusumo untuk bernostalgia dengan berkeliling melihat kondisi satuan Korem 081/DSJ saat ini yang juga merupakan satuan lamanya.(*)

(Johnit Sumbito)