INFO JAKARTA

Soal Tower di Kalideres Bakal Berujung Tamat

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Administrasi Jakarta Barat, Agus Irawanto menyampaikan, bahwa pihak Pol PP Provinsi DKI Jakarta akan akan menindak Tower Telekomunikas, di Jalan Peta Selatan, Kalideres. Apa tindskan yang akan diberikan, bahwa Satpol PP aman memasang Line sekaligus memberi sanksi peringatan pertama (SP 1).

“Penindakan menara/tower telekomunikasi diatur dalam pasal 37 ayat 1 perda 8 tahun 2007 juncto pasal 14 pergub 221 tahun 2009. Sedangkan teknis pemasangan diatur pergub 14 tahun 2014 tentang menara telekomunikasi,” kata Agus saat dikonfirmasi awak media, Selasa (22/8/2023).

Menurut Agus, penindakan tower tersebut sudah dijadwalkan sejak sepekan lalu sehingga akan dilaksanakan pada Rabu 23 Agustus 2023 besok.

“Tim provinsi belum bisa ke lokasi karena lagi fokus KTT ASEAN. Agenda kami hari rabu ke lokasi Pol PP Line, sebab hari ini masih mendata lintasan asean,” sambung Agus menyampaikan jawaban Tibum Provinsi.

Sebelumnya, diberitakan, seorang warga bernama Ana mengaku kawatir keberadaan Tower dapat sewaktu-waktu roboh dan menimpah rumah tinggalnya, di Jalan Peta Selatan, Kalideres, Jakarta Barat, Selasa 15 Agustus 2023.

Mulanya, ibu rumah tangga itu mengatakan dirinya diminta untuk menandatangani sepucuk surat oleh ketua RT setempat.

Namun, dalam isi surat tersebut disebutnya bukan untuk kegiatan mendirikan Tower.

“Saya cuma disuruh tandatangan, ibaratnya persetujuan, yang kasih suratnya RT, tapi yang dari PT tidak bisa memperlihatkan secara rinci. Waktu saya diperlihatkan cuma gambar pemasanganya kaya gini,” ujar Ana sambil memperagakan tanganya ke dinding tembok rumahnya saat dikonfirmasi wartawan dengan bukti rekaman.

Ia mengatakan, saat itu pihak perusahaan Tower tersebut sebatas memberi informasi kegiatan mendirikan Sutet Telkomsel.

“Bilangnya mau masang Sutet Telkomsel, cuma dia bentuknya seperti ini doang. Karena dokumen gambar yang dibawanya cuma kaya gini doang. Setelah jadi kaya gitu bangunanya. Iya, saya marahi,” ucap Ana.

(Johnit Sumbito)