METROPOLITAN

Mobil Patroli Terobos Rute Barisan KTT ASEAN, IPW: Kapolri Harus Beri Peringatan Keras Dirlantas Polda Metro Jaya

Mobil Patroli Terobos Barisan Rute KTT ASEAN, IPW: Kapolri Harus Beri Peringatan Keras Dirlantas Polda Metro Jaya

JAKARTA, infomalangnews.com –  Indonesia Police Watch ( IPW ) minta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo harus menegur keras  Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol.M. Latif Usman yang tidak becus mengendalikan anak buahnya yang menerobos barisan tamu negara dalam KTT ASEAN ke-43.

Ketidakbecusan Dirlantas Polda Metro Jaya itu terlihat viralnya di media sosial pada Kamis (7 September 2023) saat delegasi Laos yang dengan pengawalan ketat, diterobos mobil patroli dari Polda Metro Jaya hingga nyaris menyerempet rombongan tamu negara.

“Peristiwa di Kolong Semanggi pada Rabu (6 September 2023) itu, seharusnya tidak terjadi kalau Dirlantas Polda Metro dan seluruh jajarannya mematuhi SOP yang diberlakukan untuk pengamanan KTT ASEAN ke 43. Karena jalur peserta delegasi KTT ASEAN harus kosong dan steril. Sehingga, setiap kendaraan di pertigaan diberhentikan,” ujar Ketua Indoneasia Police Watch ( IPW ) Sugeng Tevuh Santoso dalam keterangan persnya, Jumat (8/9/2023).

Hal ini, kata Sugeng, sesuai dengan Siaran Pers Tim Komunikasi Dan Media KTT Ke-43 ASEAN 2023 bernomor: 03/SP/TKM-ASEAN2023/INA/8/2023 tentang Korlantas Polri Siapkan Pengawalan rute delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023 yang meminta para perwira pengendali harus mengetahui semua rute yang akan dilalui oleh para delegasi KTT ASEAN.

“Para perwira pengendali seharusnya mengetahui semua rute yang akan dilalui oleh para delegasi KTT ASEAN,” kata Sugeng.

Menurut Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan, standar pengamanan rute yang pertama, satu roda empat dan dua roda dua setiap tamu negara. Adapun rute yang disiapkan berkoordinasi dengan Paspampres.

“Langkah selanjutnya adalah teknis bagaimana memastikan jalur yang akan dilewati tamu negara harus aman dan steril. Kendaraan yang melintas harus dihentikan pada satu pertigaan untuk mengantisipasi kendaraan menerobos,” kata Aan Suhanan, Selasa (29 Agustus  2023) lalu.

Untuk itu, Indonesia Police Watch (IPW) meminta Kapolri agar mengusut masuknya mobil patroli dari Polda Metro Jaya yang menerobos jalur rombongan delegasi Laos dan menegur Keras  Dirlantas Polda Metro Jaya. Serta memberikan sanksi kepada pengemudinya yang arogan dengan menerabas SOP yang ada.

“Kejadian ini sangat memalukan Indonesia di dunia internasional karena viralnya peristiwa tersebut tayang di dunia maya dan bisa menurunkan citra Polri di masyarakat,” jelas Sugeng.

(Johnit Sumbito)