INFO JAKARTA

Pohon Besar di Taman Jalan Lingkar Luar Barat Cengkareng Tumbang, Sudin Taman dan Hutan Jakarta Barat Diminta Cepat Tangani

JAKARTA, infomalangnews.com – Sebuah pohon besar jenis kondang di taman kota Jalan Lingkar luar Cengkareng, Jakarta Barat tumbang, Kamis (28/9/2023).

Sebelumnya pohon kondang tersebut, saat nyaris tumbang infomalamgnews.com sudah melaporkan kepada Kepala Sudin Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Barat Romi, ketika Polda Metro Jaya melaksanakan kegiatan program penanaman 1000 pohon di bantaran kali mookervart di Kalideres beberapa pekan lalu.

“Kalau soal penebangan pohon, kita mesti laporan dulu ke Dinas dan tidak asal nebang,” jelas Romi saat ikut penanaman 1000 pohon di bantaran kali mookervart Kalideres beberapa pellkan lalu.

Sementara beberapa pedagang disekitaran taman kota jalan Lingkar Luar Barat Cengkareng mengungkapkan, bahwa pohon kondang tersebut, kondisinya memang sudah memprihatinkan. Dikarenakan, tumbuhnya dilereng saluran air.

“Pohon itu sebenarnya sudah lama mau roboh, karena ada penhlgeroposan akar. Akkirnya tumbang juga tadi sekitar pukul 13.00 WIB,” ungkap Aris salah satu pedagang dilokasi, Kamis (28/9/2023).

Aris juga mengungkapkan, saat pohon tumbang dirinya nyaris tertimpa, beruntung di sisi sebelah barat ada beton saluran air sehingga pohon tidak langsung roboh lantatan terganjal beton saluran air.

“Jadi pohon hanya miring dan tidak langsung roboh karena terganjal beton saluran air. Kalau tidak, pohon pohon roboh dan dimunhkinkan ada korban terutama pengendara bermotor,” ujar Aris.

Sementara dari pantauan infomalangnews.com di lokasi, selain pohon yang nyaris tumbang sebuah tiang listrik juga ikut nyaris tumbang, lantaran banyak kabel semerawut melilit diranting pohon.

Sementara warga sekitar berharap, instansi terkait, dan khususnya petugas Pertamanan dan Kehutanan Jakarta Barat agar segera berupaya melakukan penanganan cepat.

“Kalau petugas taman gak cepat menangani masalah pohon yang sudah miring dan nyaris ambruk ini, dikhawatirkan akan adanya banyak korban tertimpa ketika pohon ambruk ke jalan secara tiba – tiba,” ujarnya.

Hal yang sama, Aying warga Kelurahan Cengkareng Timur mengatakan, pohon itu semestinya harus segera ditebang, apabola dibiarkan berbahaya bagi para pengendara bermotor.

“Pohon ini seharusnya cepat ditebang, kalau gak bahaya bagi para pengendara bermotor yang sedang melintas menuju jalan Daan Mogot Cengkareng,” ujar Ayung.

(Johnit Sumbito)