TNI & POLRI

Danrem 081/DSJ Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek Madiun

MADIUN, infomalangnews.com – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiyono mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Kresek, Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Minggu (1/10/2023). Bertindak sebagai Irup yakni Pj. Bupati Madiun Tontro Pahlawanto.

Tak hanya diikuti berbagai instansi TNI-Polri dan Pemkab Madiun, upacara yang berjalan khidmat tersebut juga diikuti oleh perwakilan dari berbagai perguruan pencak silat dan para pelajar di Kabupaten Madiun.

Setelah pelaksanaan upacara, para tamu undangan kemudian berkeliling untuk melihat-lihat berbagai relief-relief yang menggambarkan keganasan PKI di Madiun dan penumpasannya.

“Monumen Kresek merupakan monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas peristiwa pemberontakan PKI pada tahun 1948 di Madiun,” jelas <span;>Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiyono usai mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu (1/10/2023).

Sugiono menjelaskan, di Monumen tersebut, banyak masyarakat Madiun yang menjadi korban atas keganasan PKI.

“Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 yang diselenggarakan di Monumen Kresek ini, kami harapkan masyarakat dapat mengenang peristiwa kelam 75 tahun lalu yang menyisakan kesedihan dan luka mendalam bagi masyarakat Madiun,” ucapnya.

(Johnit Sumbito)