TNI & POLRI

Warga Oksamol Papua Kecam dan Lawan Kekejaman Teroris OPM

PAPUA, INFOMALANGNEWS.com – Aksi kelompok teroris OPM di Papua sudah sangat meresahkan. Mereka tak hanya menyerang aparat TNI-POLRI, warga sipilpun juga menjadi sasaran kekerasan mereka. Terkait hal ini sehingga warga Papua turut membantu upaya menghentikan aksi kelompok teroris tersebut.

Seperti yang dilakukan warga Distrik Oksamol, Papua. Mereka mengecam kekejaman kelompok teroris OPM yang telah melakukan penyerangan terhadap Pos Polisi Oksamol dan menewaskan Briptu Mario Sanoi, Jumat (28/5/2021) lalu.

Ansel yang merupakan Danton Linmas Distrik Oksamol, menegaskan, warga menyatakan penolakan kelompok teroris OPM masuk ke wilayahnya, dan juga mengancam dan melawan kelompok teroris OPM menggunakan senjata tradisional bila memaksa masuk ke lingkungannya.

“Kami masyarakat distrik Oksamol marah atas kejadian tersebut, sehingga kami berkumpul lalu dengan menggunakan senjata tradisional, kami mengejar pelaku pembunuh yang masih berada tidak jauh dari kampung kami,” ujarnya.

“Kami sempat ditembaki oleh mereka namun kami tetap maju untuk mengejar mereka,” ungkap Ansel, Senin (31/5/2021).

Lebih lanjut, Ansel menyebut, warga Distrik Oksamol juga bukan kali ini saja menolak keberadaan kelompok teroris OPM, ia menegaskan bahwa warga Distrik Oksamul tak ada yang terlibat dan menjadi anggota kelompok teroris OPM tersebut.

“Saya yakin para pelaku adalah kelompok teroris wilayah Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo. Mereka ini bukan masyarakat asli Oksamol melainkan mereka adalah masyarakat dari luar Oksamol yang masuk untuk mengacaukan kami di Distrik Oksamol,” ucapnya.

Bukan hanya itu, Ansel juga menjelaskan, bahwa keberanian warga Distrik Oksamol pernah mereka tunjukkan saat menolak kehadiran organisasi Papua New Guinea (PNG).

“Kami pernah perang suku dengan masyarakat negara tetangga kami yaitu PNG yang mana mereka mengklaim bahwa wilayah tempat tinggal kami adalah bagian dari negara PNG,” pungkas Ansel.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan