Madiun

Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Warga dan Gedung SMPN 1 di Madiun

MADIUN,  INFOMALANGNEWS.com – Puting beliung meninjau Desa Rejosari, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Selasa (28/11/2023).

Bencana alam tersebut memporak-porandakan beberapa rumah warga dan bangunan gedung SMPN 1 Sawahan, Madiun.

Atas kejadin tersebut, para Prajurit TNI dan Polri bersama personel BPBD dan Warga berjibaku untuk membantu berbagai kerusakan terdampak dari bencana alam tersebut melakukan pembersihan puing-puing dan membetulkan atap genteng yang tampak luluh lantah pada siang ini, Kamis (30/11/2023).

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono menilai, bahwa kehadiran para Prajurit TNI dan Polri itu merupakan bentuk sinergitas di lapangan untuk membantu masyarakat.

“Ini sudah menjadi komitmen dari sinergitas kami TNI-Polri untuk selalu hadir membantu rakyat, di mana pun dan kapan pun,” kata Sugiyono.

Pamen TNI AD itu menambahkan, sinergitas yang dilakukan tidak hanya sebatas dalam kegiatan penanganan bencana alam, namun juga menyeluruh.

“Banyak sinergitas TNI-Polri yang kami lakukan di tengah-tengah masyarakat, seperti dalam mewujudkan kondusivitas wilayah maupun menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi,” ucapnya.

Selain itu, Sugiyono mengungkapkan, sinergi antara TNI dan Polri juga diwujudkan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di daerah terpencil atau terisolir. Salah satunya dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan serentak setiap tahunnya.

“Sinergitas ini membuktikan bahwa, TNI dan Polri tidak hanya bertugas dalam bidang keamanan dan pertahanan, tetapi juga memiliki peran dalam mendukung dan mempercepat pembangunan di berbagai daerah,” jelas Sugiyono.(*)

(Johnit Sumbito)