Madiun

Danrem 081/DSJ Perintahkan Babinsa Tanamkan Wasbang pada Anak Sejak Dini

MADIUN, INFOMALANGNEWS.com – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono memerintahkan Babinsanya untuk menanamkan wawasan kebangsaan (Wasbang) sejak dini di sekolah-sekolah.

Pamen TNI AD itu menilai, penanaman Wasbang sejak dini memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moralitas generasi muda.

“Penanaman Wasbang pada anak-anak dapat memberikan efek yang besar guna mencegah degradasi moral di kalangan remaja, serta membentuk individu yang memiliki rasa cinta air dan jiwa nasionalisme yang tinggi,” kata Suhiyono dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Lanjut Danrem, dengan nilai-nilai kebangsaan yang ditanamkan pada anak usia dini, disebutnya akan dapat membuat anak-anak memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang peran mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Selain itu, menurutnya, penanaman Wasbang sejak dini juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan memperkenalkan anak-anak pada keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, mereka (anak-anak) akan belajar untuk menghargai perbedaan dan memahami pentingnya kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

“Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya konflik sosial di masa mendatang, serta memperkokoh fondasi persatuan dan kesatuan bangsa,” tandasnya.(*)

(Johnit Sumbito)