KOTA MALANG

Kasmenarmed 2 Kostrad Pimpin Upacara Gabungan Tiga Satuan di Lapangan Mayonbekang 2 Kostrad

MALANG, INFOMALANGNEWS.com – Para prajurit satuan jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh prajurit dari 3 satuan yakni Menarmed 2 Kostrad, Yonarhanud 2 Kostrad, dan Yonbekang 2 Kostrad yang bertempat di Lapangan Mayonbekang 2 Kostrad, Rabu (17/01/2024).

Kepala Staf Resimen Armed 2/PY/2 Kostrad Letkol Arm Siswo Budiarto, tengah memimpin jalannya upacara pengibaran bendera merah putih, kemidian dilanjutkan dengan pembacaan Undang – Undang Dasar 1945, pengucapan sapta marga dan pembacaan amanat.

“Kegiatan rutin upacara bendera setiap tanggal 17 ini sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit pada heroisme perjuangan pahlawan dan generasi pendahulu untuk memupuk jiwa perjuangan patriotisme, nasionalisme serta solidaritas prajurit mengenang jasa para pahlawan,” ujar Siswo kepada wartawan usai memimpim upacara, Rabu (17/1/2024).

Selaku Inspektur Upacara, Letkol Arm Siswo Budiarto menyampaikan amanat petunjuk dari Panglima TNI,  bahwa masih dalam suasana tahun baru. “Saya mengucapkan selamat Tahun Baru 2024 kepada segenap Prajurit dan PNS TNI dimanapun bertugas. Jadikan momentum pergantian tahun ini sebagai awal yang baik dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang tanggung jawab masing – masing dengan tulus dan ikhlas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Siawo menjelaskan, bahwa pihaknya membagakan semua prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI.

“Kepada seluruh pihak kami ucapkan terima kasih, karena mampu menyelesaikan Program Kerja Anggaran tahun 2023 dengan baik. Apabila ada hal-hal yang menjadi kendala, hendaknya dapat dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan Progja tahun 2024,” jelas Letkol Arm Siswo Budiarto.

Siswo menyebutkan, bahwa pada tahun 2024 ini kita mempunyai tantangan untuk mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi dalam rangkaian Pilpres, Pilleg, dan Pemilukada.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional sehingga kita harus memastikan agar agenda politik nasional ini dapat berjalan dengan aman dan damai,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)