METROPOLITAN

Posko Satgas Saber Pungli Jakarta Barat Cegah Pungutan Liar Pada Moment Mudik Lebaran 2024 di Terminal Kalideres

JAKARTA – Posko Tim Satuan Tugas (Satgas) Pengaduan Saber Pungli mudik Lebaran 2024 di terminal Kalideres menerima pengaduan dari calon pemudik lebaran tujuan Lampung.

Estra salah seorang calon pemudik tujuan Lampung mengungkapkan, bahwa dirinya hendak mudik lebaran menggunakan bus angkutan lebaran di terminal Kalideres, busnya tak sesuai jadwal pemberangkatannya.

“Karena ada keterlambatan bus dan dipersulit saat membeli tiket, saya melaporkan masalah ini me pos pengaduan Saber Pungli yang ada di terminal Kalider,” ujar Estra dilokasi pos Saber Pungli, Kamis (4/4/2023).

Terkait pengaduannya, Estra mengaku puas, karena petugas saber pungli pelayanannya merespont cepat, sehingga dirinya sangat terbantu.

“Saya merasa puas atas kerjanya petugas tim Saber pungli bagus. Mudah – mudahan adanya posko saber pungli ini, bisa membantu calon pemudik lainnya apabila tiba-tiba mendapat keterlambatan bus,” ucapnya.

Sementara <span;>Kepala inspetorat Kota Administrasi Jakarta Barat, Dzikran Kurniawan pelaksana pemberantasan pungutan liar<span;> menjelaskan, bahwa posko pengaduan atau posko Satgas Saber Pungli tersebut, bertujuan untuk memberikan edukasi dan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bersama – sama memerangi pungutan liar.

“Di moment yang ramai seperti ini, ada pihak-pihak yang memanfaatkan melamukukqn pungli mepada calon pemudik lebaran. Untuk itu kami hadir disini untuk memberikan pelayanan dan mencegah terjadinya pungutan liar,” jelas Dzikran.

Sejauh ini, kata Dzikran, tim Satgas Saber pungli di posko pengaduan belum ada laporan-laporan dari pemudik lebaran terkait pungutan kiar. Tadi ada satu orang pemudik yang lapor, tapi tidak ada kaitannya dengan pungli, hanya soal keterlambatan bus saja,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain menyampaikan, bahwa dengan adanya posko satgas Saber Pungli tersebut, sangat membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan jasa transportasi darat melalui terminal Kalideres.

“Posko satgas Saber Pungli ini sangat mambantu masyarakat menjadi aman dan nyaman dari gangguan yang bisa merugikan masyarakat yang menggunakan jasa transportasi khususnya di terminal Kalideres,” jelas Revi.

(Johnit Sumbito)