INFO JAKARTA

Jaga Keselamatan Penumpang, Kater Kalideres Lakukan Tes Urine Sopir Bus AKAP

JAKARTA – Untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang, Terminal Kalideres Jakarta Barat terus melakukan pengecekan kesehatan berikut tes urine terhadap para sopir bus Angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

Kepala terminal Kalideres Jakarta Barat Revi Zulkarnain saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya tengah melakukan secara rutinitas terhadap para sopir bus AKAP lintas Sumatera maupun lintas Jawa. Adapun pelaksanaannya berkerja dengan tim kesehatan yang berada di terminal dan bekerja sama dengan Badan Narkotika Provinsi (BNP) dan serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinei DKI Jakarta.

“Kegiatan ini, kami laksanakan selama seminggu setiap akhir bulan dan sudah berjalan hampir dua tahun,” ujar Revi, Jumat ( 26/7/2024).

Revi juga menjelaskan, bahwa kegiatan cek kesehatan dan tes urine terhadap para sopir AKAP tersebut, dilaksanakan tidak hanya pada hari raya Lebaran Idul Fitri dan pada liburan Natal dan Tahun Baru saja.

“Jadi, para sopir dilakukqn cek kesehatan dan tes urine tidak hanya pada menjelang hari raya Idul Fitri maupun pada liburan Natal dan Tahun Baru, namun kami lakukan secara rutin, karena ini menyangkut keselamatan penumpang,” tegas Revi.
Lebih lanjut, Revi menyampaikan, bahwa setiqp harinya di terminal Kalideres ada tim kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Jakarta Barat bertugas secara bergantian.

“Kami bekerjasama dengan Puskesmas yang ada di Jakarta Barat, mereka bertugas secara bergantian, tadi dari tim kesehatan Puskesmas Grogol Petamburan,” kata Revi.

Selain tes kesehatan para sopir, semua armada bus AKAP juga lakukan uji ramcek agar diketahui bus sebelum memberangkatkan penumpang kondisinya laik jalan dan pengemudinya berkapabilitas (Mampu) saat berkendara.

“Kegitan ini kita lakukan, tujuannya agar para pengemdi berkapabilitas dan semua bus AKAP diketahui laik jalan karena demi keselamatan dan kenyamanan penumpang,” jelas Revi.

(Johnit Sumbito)