Deteksi Virus Covid-19 Usai Mudik, Penumpang Tiba di Terminal Kalideres Wajib Jalani Random Test Acak

Spread the love

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada arus balik saat ini, melalui dinas perhubungan menyiapkan sejumlah perangkat alat kesehatan untuk menditeksi penyebaran Virus Covid-19 terhadap para warga yang kembali ke Jakarta setelah lebaran harus menjalankan Rapit Test Antigen.

Bagi warga yang baru datang usai mudik ke kampung halamannya, denga menggunakan jasa transportasi Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) melalui Terminal Kalideres, Jakarta Barat diwajibkan untuk menjalani Random Test secara acak sebelum mereka kembali di rumahnya masing-masing.

Kepala Terminal Kalideres, Kota Administrasi Jakarta Barat, Revi Zlkarnaen mengatakan, bahwa bagi warga yang yang baru tiba di terminal bus Kalideres usai mudik lebaran, diwajibkan mengikuti Random Test/acak terlebih dahulu di terminal Kalideres, karena pihaknya sudah menyiapkan perangkat alat kesehatan yang diberikan warga yang baru datang ke Jakarta setelah mudik lebaran.

Sedangkan dari sejak Minggu tanggal 16 Mei kemarin terlihat arus balik lebaran dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan.

“Kami bersama TNI/Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Puskesmas Kalideres lansung mendata dan memeriksa seluruh penumpang bus dengan melakukan Rapit Test Antigen secara Random Test Acak, supaya bisa dipastikan bahwa Penumpang yang datang dalam keadaan sehat,” kata Revi, Senin (17/4/2021).

Untuk hari Minggu kemarin, lanjut Revi, jumlah penumpang yang datang masuk ke Terminal Bus Kalideres sudah mencapi 95 orang penumpang, dari sejumlah itu mereka sudah dilakukan pemeriksaan Rapit Test Antigen.

“Dua orang diantaranya positf terpapar virus Corona,” ujar Revi.

Revi menambahkan, bahwa ia juga menyiapkan armada untuk mengangkut orang yang baru datang dari mudik lebaran, namun setelah dilakukan Random Test Acak di terminal Kalideres apabila ternyata positif terpapar virus Corona kemudian langsung dibawa ke Puskesmas Kalideres untuk di tindaklanjuti oleh tim medis.

“Kami sudah siapkan armada khusus untuk membawa penumpang dinyatakan positif terpapar virus Corona setelah menjalani Rapit Test Antigen dari tim medis yang disiapkan di Terminal Kalideres,” ucapnya.

Sementara bagi para penumpang yang baru akan pulang kampung usai lebaran ini juga dilakukan Rapit Test Antigen yang diberikan secara gratis.

“Untuk para penumpang yang baru akan pulang kampung usai lebaran ini, tetap di wajibkan mengikuti Rapit Test Antigen yang sudah kami siapkan secara gratis. Ini guna memastikan kesehatan mereka (para penumpang) terpapar dan tidaknya Covid-19,” pungkas Revi Zulkarnaen.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.