OLAHRAGA

Presiden Minta Penyelenggaraan FIBA ​​Asia Cup 2021 Disiapkan dengan Baik

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Presiden Joko Widodo memimpin rapat bersama jajaran terkait untuk mempersiapkan penyelenggaraan salah satu acara olahraga internasional yakni FIBA ​​Asia Cup 2021. Dalam rapat tersebut, Presiden meminta agar penyelenggaraan acara yang akan digelar pada bulan Agustus 2021 tersebut digelar baik.

“Beliau memberikan Arahan kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya karena waktunya sudah sangat mepet. Jadi itu yang kaitan dengan FIBA ​​Asia Cup, merancang keranjang yang akan kita lakukan pada bulan Agustus,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam keterangan pers di Kantor Presiden di Jakarta, Rabu, (2/6/2021), usai mengikuti rapat terbatas.

Menpora menjelaskan, bahwa ajang FIBA ​​Asia Cup 2021 mendatang akan diikuti oleh sejumlah negara dari kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 2023 nanti, Indonesia juga telah ditunjuk untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket atau FIBA ​​World Cup.

“Untuk menjadi peserta itu (Piala Dunia FIBA) harus ikut kualifikasi dan kita memang harus berjuang keras. Niat kita, kita menjadi penyelenggara yang baik, tetapi juga harus punya prestasi dalam tim nasional kita,” imbuhnya.

Meski ada peluang kata Menpora, tim nasional basket Indonesia untuk ikut ajang FIBA ​​World Cup itu tidak mudah, namun Menpora yakin bahwa keputusan Indonesia menjadi tuan rumah FIBA ​​Asia Cup 2021 akan membuka peluang untuk lolos ke ajang FIBA ​​World Cup. Menurutnya, dari peserta FIBA ​​Asia Cup nanti akan diambil 8 besar untuk mengikuti FIBA ​​World Cup.

“Kalau diselenggarakan di Indonesia, tentu peluang itu akan besar untuk kita. Oleh karena itu, mengapa kita menggunakan kesempatan untuk menjadi tuan rumah,” jelasnya.

Dalam rapat tersebut, Menpora juga menambahkan beberapa hal lain terkait dengan kesiapan sarana dan prasarana penunjang FIBA ​​Asia Cup, serta kesiapan tim nasional basket Indonesia. Menpora optimistis, peluang tim nasional basket Indonesia untuk mengulang posisi di Asian Games 2018 lalu bisa terulang.

“Saya kira kalau kita berkaca kepada Asian Games, tim nasional kita berada pada posisi 8 besar, maka insyaallah ini akan sama pada saat FIBA ​​Asia nanti,” tandasnya. (Red)

Editor: Johnit. S

Tinggalkan Balasan