Jaga Keselamatan Penumpang, Terminal Kalideres Lakukan Tes Urine Sopir Bus AKAP

Spread the love

infoMALANGNEWS.com JAKARTA – Menghadapi bulan suci Ramadhan dan kebaran idul fitri 1443 H tahun 2022 yang jatuh pada 2-3 Mei mendatang, Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat  Revi Zulkarnain mulai melakukan tes urine secara rutin terhadap para sopir angkutan umum bus Antar Kota Antar Peovinsi (AKAP), Jumat (25/3/2022).

Kepala Terminal Revi Zulkarnain mengatakan, bahwa tes urine terhadap para sopir bis AKAP menurutnya sangat penting dilakukan, karena para sopir tersebut akan mengemudilan bus angkutan lebaran. Tujuannya untuk mengetahui kesehatan dan sskaligus untuk mengetahui mereka (para sopir) tersebut mengkonsumsi narkotika atau tidak.

“Tes urine terhadap para sopir kami lakukan secara rutin setiap bulan. Bulan Maret ini sudah berjalan dan akan kami lakukan terus. Karena kesehatan sopir menyangkut keselamatan para penumpang pemudik lebaran idul fitri,” kata Revi saat dikonfirmasi, Jumat (25/3/2022).

Revi juga menjelaskan, tes urine tersebut, adalah program unit pengelola terminal (UPT), namun pelaksanaannya dengan menggandeng Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat  dan Puskesmas Se-Jakarta Barat serta Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta.

“Tes urine sudah kita lakukan sejak Selasa (22/3/2022) kemarin, dan kedepannya dilaksanakan dalam seminggu berturut-turut hingga menjelang lebaran idul fitri mendatang,” jelas Revi.

Revi menyebutkan, selama 4 hari dilakukan tes urine dari sejak Selasa (22/3) hingga Jumat (25/3) hari ini belum ditemukan adanya sopir yang positif menggunakan narkoba. Namun setelah diperiksa oleh tim medis, ada beberapa sopir ditemukan hanya penyakit umum seperti darah tinggi dan kolestrol.

“Apabila terbukti sopir positif mengonsumsi narkoba  akan langsung diserahkan ke pihak kepolisian,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.