METROPOLITAN

Ciptakan Jakarta Barat Kondusif Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Jakbar Patroli Keliling

JAKARTA, infomalangnews.com – Polres Metro Jakarta Barat melakukan berbagai upaya dalam menjaga situasi Kamtibmas menjelang perayaan hari raya idul fitri 1443 H/2022 M.

Hal itu dilakukan guna pencegahan dari aksi tindakan kriminal akibat banyaknya rumah yang kosong karena ditinggal mudik (pulang kekampung halaman).

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, bahwa pihaknya meningkatkan upaya pencegahan dimulai dengan melakukan patroli khususnya di beberapa wilayah yang ditinggal mudik, poskamling online hingga berkordinasi dengan stakeholder terkait untuk dilakukan pendataan bagi warganya yang ditinggal mudik lebaran idul fitri.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memetakan sehingga kita fokus dan lebih mudah dalam upaya pengamanan didaerah tersebut bersama pihak terkait,” ujar Kombes pol Ady Wibowo saat dikonfirmasi, Minggu (1/5/2022 ).

Ady menjelaskan, seperti di wilayah RW 04 Cengkareng Jakarta Barat kami telah melakukan kordinasi baik itu tingkat RT, RW hingga lurah untuk dilakukan pendataan dan pa swakarsa antisipasi rumsong.

“Tercatat di RW 04 ada sebanyak 83 Kepala keluarga yang pergi mudik kekampung halaman,” ucap Ady.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo.

Kita disini bisa mencontoh sistem pengamanan yang dilakukan secara swadaya maupun swakarsa yang dilakukan dari tingkat RT/RW bersama stakeholder terkait dan ormas secara guyub bersama-sama dalam manjaga keamanan di kampung tersebut.

“Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya aksi pencurian rumah kosong (rumsong),” jelasnya.

Selain itu Ady mengatakan, pihaknya bersama 3 pilar selain telah melakukan upaya pencegahan antisipasi pencurian rumah kosong juga telah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran seperti mengecek kembali penggunaan listrik, penggunaan air dan sebagainya

“Seperti di ketahui, kami hari ini telah melakukan patroli gabungan serentak baik TNI-Polri dan Satpol PP ke sejumlah wilayah di Jakarta Barat,” jelasnya.

“Hal ini  dilakukan sebagaimana arahan bapak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Fadil Imran dalam memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” tutupnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan