INFO JAKARTA

Baru Menjabat Dilanda Covid-19, Segudang Program Ketua RW 07 Tetap Berjalan

JAKARTA, infomalangnews.com РMeski baru menjabat pada 31 Maret Tahun 2019 silam, Ketua RW 07 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat langsung dilanda prahara virus (Covid-19). Namun, segudang program kerja  banyak yang berhasil dirampungkan.

Ketua RW 07 Kelurahan Semanan, Sumaedi yang akrap dipanggil Ujang menjelaskan, bahwa awal progam kerjanya, yaitu pembangunan posyandu yang dibangun pada 26 Agustus 2019 itu, dirasa sangat penting bagi masyarakat khususnya warga RW 07, yang sebelumnya kegiatan khusus untuk balita tersebut dilaksanakan di Pos RW 07 ditepi Jalan Raya dan keberadaannya sangat membahayakan keselamatan ibu dan anak.

“Alhamdulillah dengan memakan waktu dua bulan, tepat di November pembangunan Posyandu untuk warga terselesaikan, dan sampai saat ini warga RW 07 bisa menggunakan tempat tersebut,” kata Sumaedi saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (12/6/2022).

Kemudian program kerja selanjutnya, adalah renovasi pos RW 07 yang sebelumnya plafon dan ruang kerja sangat tidak nyaman.

“Kita selanjutnya merenovasi Pos RW 07 tersebut. Alhamdulillah dalam hitungan satu Minggu sudah selesai dan layak digunakan,” ucapnya.

Berlanjud program Kios Air dari Perusahaan Air Minum milik Negara, yang manfaatnya bisa nikmati warga RW 07.

“Untu lokasi Kios Air tersebut kita ditempatkan di RT 06/07,” ujarnya.

Ditambah lagi fasilitas masyarakat lainya yang sudah bisa dinikmati masyarakat yaitu pengaspalan, dari mulai RT 01, RT 02, RT 04, RT 05, RT 06, RT 08.

“Kenapa di RT 03 dan RT 07 tidak dapat pengaspalan, karena sebelumnya sudah ada pengaspalan,” tambahnya.

Program pembangunan Musholla Al-Itihad yang keberadaanya di RT 06, bekerjasama dengan panitia dan pengurus wilayah.

“Dan Alhamdulillah, kita sebagai pengurus wilayah dan panitia pembangunan bisa menyelesaikan pembangunan Musholla Al-Itihad dan bisa dimanfaatkan warga untuk aktivitas kerohanian,” tambahnya.

Selanjutnya pengurus wilayah mengajukan program bedah rumah dengan menggunakan dana Bazis Pemprov DKI Jakarta yang dilaksanakan di RT 05 milik Ibu Idup bin Nimin.

“Alhamdulillah rumah Bu Idup yang sebelumnya tidak layak huni sekarang sudah bisa di tempati dengan layak,” ucapnya.

Sebelumnya, terkait program-program tersebut pengurus wilayah juga membuat program sosial, yaitu untuk warga masyarakat yang terkena musibah.

“Kita ada program sosial, untuk warga yang terkena musibah, terkait perawatan di rumah sakit, bahkan kalau terjadi musibah kematian. Melalui program sosial tersebut Alhamdulillah banyak masyarakat bisa terbantu,” tuturnya.

Dimasa Covid-19 pengurus wilayah bekerja keras untuk menyalurkan semua bantuan dari pemerintah, agar kebutuhan warga bisa terpenuhi, dan masyarakat tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

“Kita salurkan semua bantuan melalui RT setempat agar warganya tidak melakukan aktivitas yang tidak penting, karena Covid-19 sangat membahayakan untuk keluarganya,” ucapnya.

Masih dikatakannya, saat ini di Posyandu sudah fasilitas meja dan Komputer bantuan dari perusahaan sedangkan Jak WiFi dari pemerintah Pemprov DKI Jakarta untuk fasilitas ke administrasi an juga kursi, sound untuk kebutuhan masyarakat RW 07

“Untuk Jak WiFi ada dua titik, yaitu di RT 06 dan di RT 05 untuk kebutuhan belajar anak-anak, guna meringankan beban masyarakat di masa pandemi, juga kursi dan sound untuk kebutuhan masyarakat RW 07,” ungkapnya.

Kedepannya Ia berharap program kerja saluran air yang keberadaanya di RT 01 dan RT 02 dan RT 03, bisa segera terealisasi di tahun ini.

“Kita sudah ajukan, dan sudah dilakukan pengukuran, insyaallah tahun ini bisa direalisasikan,” harapnya.

Ia juga berharap siapapun nanti yang menjadi pemimpin di wilayah RW 07, supaya bisa memelihara fasilitas yang sudah ada, agar bisa bermanfaat buat masyarakat RW 07.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan