METROPOLITAN

Untuk Keselamatan Penumpang, Sopir Bus AKAP Jalani Tes Urine Berkala di Terminal Kalideres

JAKARTA, infomalangnews.com– Dalam rangka untuk memastikan pengemudi tidak terpapar narkoba, Dinas Perhubungan Terminal Kalideres, Jakarta Barat, melakukan pemeriksaan tes urine terhadap para pengemudi Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat Revi Zulkarnaen mengatakan, bahwa pemeriksaan tes urine yang digelar tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dan seluruh Puskesmas di Jakarta Barat.

“Ini guna memastikan para pengemudi bebas dari narkoba dan minuman keras. Sehingga para penumpang bisa selamat sampai tujuan masing-masing,” ujar Revi, Kamis (28/7/2022).

Lebih lanjut Revi menjelaskan, adapun pelaksanaannya dilaksanakan setiap bulan selama 7 hari berturut-turut, yang mana program ini adalah program UPT Terminal Provinsi DKI Jakarta untuk seluruh terminal AKAP yang ada di DKI Jakarta.

“Setiap harinya kami menargetkan 20 orang pengemudi dilakukan tes urine. Karena, ini untuk memastikan para pengemudi tersebut dalam kondisi sehat dan tidak terpapar narkoba,” jelas Revi.

Kepala terminal Kalideres, Jakarta Barat Revi Zulkarnaen. (Foto: infomalangnews.com).

Untuk hari ini, kata Revi, pengemudi yang menjalani pemeriksaan dan tes urine belum ada satupun yang terpapar narkoba dan pengemudi masih dalam kondisi sehet.

“Sampai saat ini pengemudi belum ditemukan dalam kondisi positif narkoba, alhamdulliah semuanya kondiisnya negatif semua, termasuk kesehatannya seperti gula darah dan kesehatan lainnya juga diperiksa oleh dokter dalam kondisi baik,” jelas Revi.

Revi juga mengimbau, para pengemudi saat hendak mengemudikan kendaraannya untuk melayani penumpang Antar Kota Antar Provinsi khususnya di terminal Kalideres agar memastikan kesehatannya dalam kondisi sehat.

“Kami minta semua pengemudi bis AKAP yang ada di terminal kalideres, jangan ada yang menggunakan narkoba, karena akan merugikan dan membahayakan keselamatan para penumpang,” tegasnya.

Sementara Soleh salah satu pengemudi bus AKAP lintas Jawa menuju Randublatung, Cepu, Blora, dia berterima kasih kepada pihak petugas terminal Kalideres yang telah menyediakan ruang tempat pemeriksaan kesehatan dan tes urine kepada para sopir bus AKAP, karena hal ini sangat penting untuk mengetahui mesehatan para sopir.

“Saya merasa sangat terbantu adanya peneriksaan kesehatan ini yang diberikan oleh pihak terminal Kalideres. Jadi sebelum mengemudikan bus kami sudah mengetahui dalam kondisi sehat atau tidak,” ujar Soleh.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan