KABUPATEN

Pasca Erupsi, Kawasan Gunung Semeru Masih Diguyur Hujan

LUMAJANG, infomalangnews.com – Perkiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) bahwa sore hingga malam hari kawasan Gunung Semeru diguyur hujan dengan intensitas sedang nampaknya terbukti.

Berdasarkan pantauan di lapangan, wilayah Kecamatan Pronojiwo sejak pagi tadi, Senin (5/12/2022) hingga menjelang sore hari intensitas hujan masih belum berhenti.

“Sejak tadi pagi, sekitar subuh sudah diguyur hujan sampai sore ini. Dan untuk kegiatan Gunung Semeru, masih ada guguran awan panas sekitar 500-700 meter. Sejak pagi, tempat pengungsian sudah sepi banyak yang pulang,” terang Edi, salah satu relawan, Senin (5/12/2022).

BMKG menyebutkan, wilayah yang berpotensi diguyur hujan disertai kilat atau petir yakni Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang dan Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang.

Sementara di beberapa kawasan Gunung Semeru lainnya berpotensi hanya diguyur hujan tidak dengan disertai kilat petir. Pertama di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, kedua di Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, ketiga di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang dan keempat di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) menyatakan status Gunung Semeru di Jawa Timur pada Minggu ini telah dinaikkan dari Level 3 atau Siaga menjadi Level 4 atau Awas terhitung mulai pukul 12.00 WIB.

Terkait pengungsi, diperkirakan mencapai ratusan jiwa lebih, sejak pagi sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing. Untuk itu yang tersisa di tempat pengungsian hanya 7 manula.

Namun, sejumlah dapur juga sudah dibangun di Kecamatan Pronojiwo dan petugas dari BPBD serta TNI – Polri tetap siaga untuk menghadapi kemungkinan adanya kejadian serupa.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan