NASIONAL

Natal Bersama KLHK, Menteri LHK Siti Nurbaya: Mari Bangkit Berjalan bersama Tuhan dan Jaga Kelestarian Alam

JAKARTA, infomalangnews.com – Menteri LHK, Siti Nurbaya menghadiri perayaan Natal bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) dan Mitra Tahun 2022 dengan tema “Bangkit dan Berjalan bersama Tuhan, Melayani Bumi dan Manusia untuk Kemuliaan Nya”.

Acara yang diselenggarakan di Jakarta pada Jumat (13/01/2023), Siti mengungkapkan, bahwa perayaan Natal merupakan momen yang baik untuk memperkuat rasa kepedulian, kebersamaan dan silahturahmi antar sesama, khususnya untuk keluarga besar KLHK dan PWRI serta mitra kerja terutama akibat pandemi covid-019 yang membutuhkan semangat kebangkitan bersama.

“Kita mengalami krisis dan pembatasan selama pandemi covid 19. Dan saatnya kita bangkit dengan semangat dan optimis berkarya untuk pembangunan bangsa,” ucap Menteri Lingkungwn Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Selanjutnya, Siti mengungkapkan, jika rasa kepedulian yang harus kita bangun bersama saat ini tidak hanya terbatas kepada sesama manusia, tetapi juga ditujukan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Kemudian terkait dengan pembangunan nasional sektor LHK, semangat Natal ia ibaratkan seperti lagu rohani umat kristiani “Tuhan Buka Jalan”.

“Ketika tidak ada jalan, maka Tuhan sendiri akan membukan jalan untuk kita dalam berkarya dan berinovasi. Kebijakan pembangunan seperti upaya pencegahan kebakaran hutan dan perubahan iklim, serta dalam konteks FoLU Net Sink 2030 merupakan bentuk “jalan” artikulasi kebijakan yang berpihak kepada bumi dan manusia,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Siti juga menegaskan, kepada jajaran KLHK dan termasuk kepada lebih dari 2000 staf Kristiani di KLHK untuk terus memberikan dedikasi atas kerja-kerja transformasi struktural yang sedang dilakukan baik yang sudah hampir rampung, segera rampung, maupun dalam proses untuk dirampungkan seperti karhutla, tata kelola gambut, pengendalian deforestasi, sistem kerjasama pemerintah dunia usaha dan masyarakat untuk pembibitan skala besar, pengendalian sawit dan konsolidasi habitat koridor satwa, serta pengendalian lingkungan dengan prosedur dan cara-cara yang sederhana, namun menjamin keselestarian lingkungan.

Dalam acara Natal bersama tersebut, dihadiri Wakil Menteri LHK, Sekretaris Jenderal KLHK, Direktur Jenderal PSLB3 KLHK, Direktur Jenderal Gakkum KLHK, SAM IPI KLHK, Kepala Pusat Kebijakan Strategis KLHK, Para pejabat struktural KLHK (pusat dan UPT), Ketua Umum Persatuan Wredatama Republik Indonesia dan Sekretaris Jenderal Persatuan Wredatama Republik Indonesia, dan Pengurus Besar PWRI, juga para mitra kerja KLHK dan para tamu undangan.

(Johnit Sumbito)