KABUPATEN

Wakil Bupati Malang Tinjau Kandang Domba Edukasi di Bumi Rejo Dampit

DAMPIT, infomalangnews.com – Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, meninjau Kandang Domba Edukasi di Desa Bumi Rejo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Minggu (29/1/2023).

Kandang domba edukasi, kata Didik, hari ini sudah dimulai oleh Kepala Desa Bumi Rejo Kecamatan Dampit. Hal ini sangatlah luar biasa, dimana kandang domba tersebut biasanya identik dengan baunya, namun kandang domba edukasi ini sama sekali tidak memiliki bau domba.

“Ada teknologi yang diterapkan di kandang edukasi ini. Tentunya ini merupakan edukasi bagi kita, bahkan Kepala Desa Buki Rejo sudah mengembangkan dan mulai mengarahkan warga masyarakatnya untuk memanfaatkan kotoran hewan ini menjadi pupuk organik,” ujar Wakil Bupati Malang yang dilansir di Prokopim Kab. Malan.

Didik juga menjelaskan, bahwa pemanfaatan kotoran domba merupakan hal yang bagus, dimana pengolahan kotoran ini menjadi pupuk organik yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan harapab, pupuk organik tersebut, nantinya akan menjadi kebiasan digunakan oleh warga masyarakat, sehingga ada sesuatu keuntungan.

“Secara lambat laun edukasi yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa Bumi Rejo ini akan mengurangi penggunaan pupuk anorganik, dan hasilnya menjadikan tumbuh-tumbuhan yang sehat dan kita yang mengkonsumsinya pun juga sehat. Dimana hal ini merupakan dambaan kita semuanya,” ucapnya.

Wakil Bupati Malang berharap, semoga edukasi yang hari ini sudah dilakukan oleh Kepala Desa Bumi Rejo bisa diikuti oleh warga masyarakat yang lain.

“Tugas Pemerintah Kabupaten Malang selanjutnya adalah, akan membentuk kandang-kandang komunal dengan model Domba Merino, dan dapat memberikan jalan agar bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam pemanfaatan bulu domba. Kalau di luar negeri bisa dan punya tegnologi kenapa kita tidak bisa memanfaatkannya,” pungkas Wakil Bupati Malang.

Kunnungan Wabub Malang Didik Gatot Subroto tersebut, dihadiri Camat dan Muspika Dampit serta Kepala Desa Bumi Rejo.

Sumber: Prokopim Kab. Malang
Editor    : Johnit Simbito