KOTA MALANG

Walikota Malang Pastikan Uji Coba Jalur Satu Arah Jalan Basuki Rahmat, Sopir Angkot Mogok Massal

MALANG, infomalangnews.com – Wali Kota (Walkot) Malang Sutiaji memastikan uji coba jalur satu arah akan dilakukan di sepanjang Jalan Basuki Rahmat. Terkait ini, pihaknya masih akan menata kembali mengenai aspirasi dari teman-teman supir angkutan kota (angkot) yang melakukan aksi demonstrasi pada Senin (20/2/2023) pagi hari ini.

Sutiaji menjelaskan, untuk angkot, nanti pihaknya akan menyiapkan perlakuan khusus dengan menyiapkan jalur khusus yang akan dianalisa terlebih dahulu. Selanjutnya, respons ini akan dilakukan setelah ratusan pengemudi angkot menggelar aksi mogok dan memblokade jalan di pusat kota.

“Jadi nanti contraflow ya. Nanti jadi ada perlakuan khusus kan yang namanya mikrolet. Jadi jalurnya mungkin malam ini kita buat analisa,” ucap Sutiaji saat menemui demonstran di depan Balai Kota Malang, Senin (20/2/2023).

Sutiaji juga menyebutkan, bahwa sejauh ini uji coba penerapan satu arah sejak pagi terpantau lancar dari pengawasan kamera CCTV dan laporan dari masyarakat. Meski demikian, ia meminta agar seluruh stakeholder terkait, pihaknya akan melakukan pengawasan dan mengevaluasi setiap harinya.

“Laporan dari masyarakat apresiasi berkaitan dengan masalah arus rekayasa ini lancar semua, bantuan CCTV itu kan pada hari pertama. Nanti untuk mikrolet kan jalurnya nanti juga akan contraflow kan orang tertentu, di banyak tempat kan gitu. Tapi saya minta hari ini rapat terus malam persiapan untuk rambu-rambu plus itu,” ujarnya..

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra mengatakan, terkait kajian penerapan satu arah sudah melalui kajian hukum terlebih dahulu. Bahkan ia mengklaim beberapa bulan yang lalu rencana kebijakan satu arah ini sudah disosialisasikan kepada para supir angkot.

“Beberapa bulan yang lalu rencana kebijakan satu arah ini sudah disosialisasikan kepada para supir angkot,” jelas Kadishub Malang.

(Johnit Sumbito)