METROPOLITAN

Dirnarkoba Polda Metro Jaya Lakukan Tes Urine Para Sopir Angkutan Lebaran 2024 di Teeminal Kalideres

JAKARTA – Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya melakukan cek urine para pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang hendak memberangkatkan pemudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M di terminal Kaliseres, Jakarta Barat, Rabu (3/4/2024).

Ps Kasubag Min Ops Bagbin Ops Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, AKP Woro Rifanti mengatakan, tes urine ini dilakukan untuk para pengemudi yang hendak membarangkatkan para penumpang mudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

“Sebenarnya tes urine ini untuk para pengemudi yang akan memberangkatkan para pemudik lebaran. Mereka (sopir) harus dalam kondisi sehat, karena ini mayangkut keselamatan penumpang biar meraka selamat sampai ke kampung halaman,” ujar Woro saat dikonfirmasi, Rabu (3/4/2024).

Sebanyak 50 ora g sopir angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M mengikuti tes urine yang dilakukan Dirnarkoba Polda Metro Jaya di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (3/4/2024). Foto/infomalangnewa.com

Woro juga menyebutkan, pemeriksaan tes urine, selain para pengemudi, para karyawan PO bus AKAP juga dilakukan tes urine.

“Yang kami tes urine bukan hanya para sopir angkutqn lebaran saja, tapi seluruh karyawan PO Bus nya juga dilakukan tes urine,” jelasnya.

Tes urine ini dilakukan, kata Woro, karena dalam rangka menghadapi angkutan mudik lebaran, agar semua pengemudi dan karyawan PO Bus bebas dari narkoba dan pemudik memperoleh keselamatan di perjalanan menuju kampung halamannya untuk merayakan hari raya lebaran Idul Fitri 1445 H.

“Tes urine ini kita lakukan dalam rangka menjelang angkutan mudik lebaran. Jadi kami mencegah adanya penyalahgunaan narkoba yang ada kaitannya angkutan lebaran yang ada di terminal Kalideres dan terminal – terminal yang ada di DKI Jakarta,” kata Woro.

Woro menjelaskan, setelah dilakukan cek urine, apabila ada sopir yang hasilnya positif narkoba akan diserahkan ke pihak terminal.

“Apabola ada sopir yang teenyata positif narkoba, kami akan serahkan ke pihak terminal agar diberikan arahan,” jelas Woro.

Sementara Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Revi Zulkarnain mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung pihal Kepolisian Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya yang tengah melakukan pencegahan penyalahgunaan norkoba terhadap para pengemudi yang akan memberangkatkan para penumpang mudik lebaran Idul Fitri 2024.

“Kami mendukung penuh atas dilakukannya sosialisasi penyalahgunaan narkoba terhadap para sopir angkutan lebaran di terminal Kakideres, agar para sopir yang akan memberangkatkan pemudik lebaran bebas dari narkoba,” ucap Revi.

“Alhamdulillah sebanyak 50 orang sopir yang dilamukan tes urine semuanya hasilnya negatif,” jelasnya.

(Johnit Sumbito)