METROPOLITAN

Antisipasi Kenaikan Mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, Kadishub DKI Jakarta Tinjau Terminal Utama Kalideres

JAKARTA, infomalangnews.com – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Perivinsi DKI Jakarta Syafrin Lupito meninjau Terminal Utama Kalideres Jakarta Barat, Sslasa (28/3/2023).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Lupita mengatakan, peninjauan jauh hari sebelum lebaran yang dilakukan<span;> dalam rangka antisipasi dan persiapan sarana dan prasarana angkutan lebaran idul fitri 1444 H tahun 2023 M.

“Peninjauan yang dilaksanakan hari ini dalam rangka  persiapan dan antisipasi angkutan lebaran Idul Fitri 1444 H tabun 2023,” ujar Syafrin Lupito saat menonjau Terminal Utama Kalideres, Selasa (28/3/2023).

Lupito juga menjelaskan, bahwa tahun ini pemudik kebaran dipridimsi naim 12 persen, hal ini dibadingkan tahun sebelumnya pemudik se-Jabodetabek menncapai 44 persen sedabgkan untuk tahun di perkirakan akan naik menjadi 56 persen.

“Pemudik lebaran tahun ini 2023 di perkirakan akan naik 12 persen dari tahun sebelumnya jumlah penumpang 44 persen akan menjadi 56 persen, jadi naik 12 persen,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Lupito, perikaraan naiknya pemudik lebaran tanun ini, Dinas Perhubungan melakukan persiapan-persiapan lebih awal guna mengantisipasi adanya kenaikan pemudik.

“Untuk mengantisipasi kenaikan pemudik lebaran tahun ini, Dinas Perhubingan Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan armada 2.300 bus AKAP untuk mengangkut pemudik lintas Jawa dan Sumatera ,” jelasnya.

Terkait persiapan Terminal Kalideres untuk mudik lebaran, dalam peninjauannya, sudah terlibat bagus dalam mempersiapkan sarana dan prasarana calon pemudik.

“Sudah bagus, terminal Kalideres juga tengah merevitalisasi tempat parkir, loket-loket dan ruang tunggu penumpang serta fasilitasblainnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Terminal Utama Kalideres Revi Zulmarnaen menngatakan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan persiapan revitalisasi sarana loket dan sarana parkir yang ada didalam terminal. Sslain dia juga tengah mempersiapkan meperkuas ruang tunggu para calon penumpang mudik lebaran.

“Saat ini kami tengah memperluas ruang tunggu calon pemudik. Karena sebelumnya masih kurang maksimal, tujuannya agar pemudik nyaman saat menunggu keberangkatan Bus yang akan mengantar ke daerah tujuan mereka,” jelas Revi.

Dalam kunningannya, Kadisbub didampingi kepala UPT DKI Samsul, Kasi OPS Sudin Hub Jakarta Barat Affandi, Kanit Lantas Polsek Kalideres AKp Arif Rahmad Hakim dan Kapospol Termonal Kalideres Iptu Tugiran.

(Johnit Sumnito)