INFO JAKARTA

Jelang Lebaran Idul Fitri 2023, Ratusan Bus AKAP Diperiksa Kelayakan Jalan

JAKARTA, infomalangnews.com – Dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik lebaran 2023, pengelola terminal bus Kalideres Jakarta Barat, mulai melakukan pemeriksaan (Ramp-chek) terhadap ratusan kendaraan Antar Kota Dan Antar Provinsi (AKAP) yang masuk ke lokasi Terminal, Senin (3/4/2023).

Pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan AKAP tersebut, melibatkan pihak BPTJ Kemenhub dan petugas pengujian kendaraan bermotor Kedaung Angke.

Satu persatu kendaraan bus AKAP yang masuk area terminal Kalideres, diperiksa terkait kelayakan jalan oleh petugas gabungan tersebut.

Dalam pemeriksaan atau Ramp chek terkait kelayakan jalan yang dilakukan oleh petugas, rata rata kendaraan bus AKAP itu telah memenuhi persyaratan Tekhnis.

“Hanya saja yang kurang kebanyakan di alat tanggap darurat dan alat kelengkapan, seperti alat pemukul kaca, alat pemadam, dongkrak dan kotak obat. Itu kita lakukan peneguran, kecuali pelanggaran berat, maka kita stop untuk beroperasi,” kata Kepala Terminal Bus Kalideres Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen melalui pesan tertulis, Senin (3/4/2023).

Revi menjelaskan, pemeriksaan terhadap bus AKAP itu dilakukan dalam perhari sebanyak 30 armada, tujuannya guna memastikan persiapan armada PO untuk keselamatan para penumpang lebaran 2023.

Selain dari itu, kata Revi, para pengemudi PO bus, diterminal Kalideres juga nantinya bakal dilakukan tes urine.

Revi menambahkan, untuk saat ini, pihaknya telah menyiapkan Ruang istirahat bagi pengemudi, posko ramp check dan posko kesehatan.

“Tujuannya ini untuk memastikan terkait kelayakan bus AKAP dan para pengemudinya, agar benar dengan kondisi yang sehat dalam mengangkut para penumpang jelang Idul Fitri 2023,” ujarnya.

Lebih lanjut, Revi menyebutkan, selama 5 hari ini sudah 160 bus AKAP yang dilamukan pemeriksaan, hal itu dilakukan guna memberikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang pemudik lebaran 1444 H tahun 2023 M.

“Sudah 160 bus AKAP yang kami perikasa dalam 5 hari ini, ini tujuannya untuk memberikan pelayanaan para pemudik lebaran Idul Fitri 1444 H agar aman, nyaman dabĀ  selamat sampai tujuannya masing-masing,” sebutnya.

Sementara Revi memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi pada H-4 atau H-3 menjelang lebaran.

“Kalau lonjakan itu biasanya tujuannya Jawa Tengah, Padang, Palembang , Lampung yang ramai,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)