INFO JAKARTA

Harga Beras di Jakarta Barat Mulai Turun

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com –  Warga Jakarta Barat mendapat angin segar, pasalnya hari ini harga sudah mengalqmi penurunan yang sebekumnya mengeluhkan lantaran harga beran melambung tinggi, Jumat, (1/3/2024).

Dari hasil pantauan di salah satu toko beras di Jalan Patra, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, harga beras premium saat ini hanya Rp 13.400 per kilogram.

Seorang pedagang beras, Hendi menjelaskan, sebelumnya harga beras premium dijual sekitar Rp 14 ribuan, namun saat ini turun menjadi Rp 13.500 per kilogram.

Menurutnya, penurunan harga ini terjadi baru-baru ini dan banyak masyarakat yang merasa senang dengan penurunan tersebut, meskipun mereka berharap harga bisa lebih murah lagi.

Selain itu, penurunan harga beras juga terjadi di Pasar Slipi, Jakarta Barat.

Aan, seorang pedagang beras di pasar tersebut mengungkapkan, bahwa penurunan harga beras telah terjadi sejak dua hari lalu.

Harga beras medium turun dari Rp 15.500 menjadi Rp 14.500, sementara harga beras premium turun dari Rp 17.000 per liter menjadi Rp 16.000 per liter.

Aan menyambut baik adanya penurunan harga beras ini karena sebelumnya banyak warga yang mengeluhkan kenaikan harga beras. Menurutnya, sebelumnya harga beras naik setiap pekan sebesar 300-500 rupiah, sehingga banyak warga yang merasa terbebani dengan kenaikan tersebut.

Salah satu pengunjung Pasar Slipi, Ropiah (54), menyatakan bahwa penurunan harga beras telah lama dinantikan.

Meskipun penurunannya belum begitu signifikan, sebagai seorang ibu rumah tangga, Ropiah merasa bahwa penurunan harga beras sangat berdampak, terutama menjelang bulan puasa.

“Saya berharap pemerintah dapat terus menstabilkan harga di pasar agar harga pangan bisa kembali normal, terutama menjelang bulan Ramadan,” ucapnya.

Sementara Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk menekan kenaikan harga beras adalah dengan menggelar bazar sembako murah.

“Diadakan bazar, masyarakat bisa membeli paket sembako dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran,” Jelas Uus.

Uus juga menegaskan, pemerintah melalui Bulog, terus berupaya menstabilkan harga pangan, termasuk harga beras yang mengalami kenaikan.

“Saat ini, situasi harga beras di Jakarta Barat terkendali dan diharapkan dapat terus terjaga hingga menjelang Idul Fitri sehingga kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik,” jelasnya.